nusabali

Mediverse, Aplikasi Layanan Kesehatan Diluncurkan di Bali

  • www.nusabali.com-mediverse-aplikasi-layanan-kesehatan-diluncurkan-di-bali

MANGUPURA, NusaBali.com - Untuk memberikan layanan kesehatan berdaya saing global berkelanjutan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, Bio Farma Group meluncurkan sebuah aplikasi The Medical Universe Super Apps (Mediverse) di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta, Minggu (27/8/2023) siang.

Deputy CEO PT Bio Farma, Soleh Udin Al Ayubi menerangkan Mediverse memiliki visi menjadi super apps platform digital kesehatan yang mendukung gaya hidup sehat dengan cara yang mudah, cepat, dan modern dengan tiga fokus utama pada layanan kesehatan yang bersifat promotif, kuratif, dan preventif.


Lebih lanjut ia jelaskan aplikasi Mediverse tersebut nantinya akan menghubungkan pasien online ke klinik online maupun offline, memiliki jejaring klinik, lab dan rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia.


“Mediverse itu apapun yang dicari soal medical ada di sana. Ada fitur membuat appointment dokter, kemudian konsultasi dokter secara online, membeli obat, vaksinasi, medical report di sana ada semua termasuk pembayaran ansuransi dan BPJS nanti ada di sana. Harapannya Mediverse tersebut menjadi pintu masuk bagi semua layanan kesehatan dan keunggulan lainnya apps itu terintegrasi dengan seluruh ekosistem online kami dan terintegrasi dengan apotik kami, klinik kami,” terangnya saat ditemui di sela-sela acara Bio Farma x MIT Hacking Medicine pada Minggu (27/8/2023) siang.


Dalam aplikasi Mediverse, terang Soleh Udin setiap user dapat dengan mudah membuat janji temu dokter di fasilitas kesehatan pilihan keluarga melalui fitur Medpoint atau melakukan layanan telemedicine bersama dokter umum atau dokter spesialis melalui Medevo baik dengan chat ataupun secara virtual tatap muka atau panggilan video. Selain itu user juga dapat dengan mudah membeli produk kesehatan, alkes, vitamin, produk kecantikan, dan obat dengan e-prescription.


“Ada juga perusahaan selain BUMN layanan kesehatan sebentar lagi join di kami. Ujung-ujungnya nanti customer bisa melihat mana yang baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang,” ungkapnya.


Ia juga menegaskan, pihaknya tentu menjamin keamanan setiap data pengguna layanan aplikasi digital tersebut. Ia mengatakan terkait keamanan data tersebut adalah salah satu hal yang serius, yang mana ketika berbicara soal keamanan data, pihaknya harus memahami dengan betul soal UU Perlindungan Data Pribadi guna mencegah kebocoran data konsumen.

 

“Kami harus sesuaikan dengan peraturan tersebut dan juga dari sisi pengelolaan data kami benar-benar jamin sesuai dengan standar global dan terakhir dari sisi teknologi kami pastikan bahwa apps ini terproteksi dengan sangat baik,” tegasnya.


Tak hanya itu, beber Soleh Udin pihaknya juga turut menjalin kerja sama dan koordinasi yang erat dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Soleh Udin menegaskan bahwa infrastruktur dan standar keamanan yang digunakan oleh Bio Farma, baik dari sisi produksi produk-produk farmasi dan layanan digital telah sesuai dengan standar yang diakui secara global.


“Kami berkolaborasi dengan perusahaan swasta untuk menjamin itu. Kami juga berkolaborasi dengan Badan Pemerintah seperti BSSN itu juga kami minta bantuannya untuk bisa menjamin bahwa data di apps itu terproteksi dengan sangat baik,” tutupnya. *ris








Komentar