nusabali

Koster Beri Kuis Berhadiah

Acara ‘Gubernur Menyapa’ Pelajar di Amlapura

  • www.nusabali.com-koster-beri-kuis-berhadiah

AMLAPURA, NusaBali - Ratusan pelajar di Karangasem menyambut Gubernur Bali Wayan Koster dalam acara ‘Gubernur Menyapa’, di halaman SMKN 1 Amlapura, Jalan Veteran Amlapura, Sabtu (26/8) pagi.

Di sela-sela acara tersebut, Gubernur Koster memberikan kuis berhadiah. Soal kuis tentang Matematika dan mengenai budaya dan adat.

Sebelum kuis berlangsung, mulanya Gubernur Koster menceritakan dirinya semasih sekolah SD, SMP, dan SMA serta kuliah di ITB jurusan Matematika. Sehingga setamat ITB sempat jadi peneliti bidang Matematika.

Selama kuliah di ITB Bandung angkatan 1981, dirinya sambil mengajar les mata pelajaran Matematika.

“Sampai sekarang ilmu Matematika masih ingat, tentang kalkulus, aljabar, integral, dan statistik,” ujarnya.

“Nah sekarang akan saya kasih kuis buat siswa, saya tulis soal, siapa bisa jawab dapat hadiah,” tutur Gubernur Koster.

Gubernur Koster juga bertanya kepada siswa tentang visi Pemprov Bali, dan 44 tonggak budaya Bali Era Baru. “Ternyata siswa di Karangasem pintar-pintar, semuanya bisa jawab. Di kabupaten lain, tidak selincah itu menjawabnya,” kata mantan anggota DPR RI periode 2004-2009, 2009-2014, dan 2014-2018, ini.

Hadir di acara itu Bupati Karangasem I Gede Dana, Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Wayan Sutrisna, segenap Kasek SMAN dan SMKN se-Karangasem, serta ratusan siswa.

Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini menjelaskan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk pendidikan 20 persen dari APBD Provinsi Bali. Siswa yang kurang mampu disediakan beasiswa, serta dapat bantuan peralatan sekolah.

“Layanan di SMAN dan SMKN akan saya tingkatkan kualitasnya, apalagi kesejahteraan guru juga meningkat,” ujar Gubernur Koster.

Tiap tahun Gubernur Koster memperjuangkan siswa pintar tamatan SMA dari keluarga kurang mampu agar bisa kuliah di luar negeri di universitas ternama. Sehingga harapannya, agar sumber daya manusia di Indonesia semakin meningkat kualitasnya. “Pihak guru juga agar jadi guru yang baik, agar lebih banyak baca buku, jangan sampai kalah dengan siswa, di era teknologi ini,” tegas Gubernur Koster. 7 k16

Komentar