nusabali

RI-Vietnam Resmi Teken Perjanjian Transaksi Pakai QRIS

  • www.nusabali.com-ri-vietnam-resmi-teken-perjanjian-transaksi-pakai-qris

JAKARTA, NusaBali - Vietnam resmi bergabung bersama Indonesia untuk memperkuat kerja sama konektivitas pembayaran lintas negara (cross-border) melalui perjanjian Regional Payment Connectivity (RPC).

Dengan begitu transaksi di kedua negara akan menjadi sat-set. Perjanjian itu disepakati dalam penandatangan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan antara Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dan Deputy Governor State Bank of Vietnam Thanh Ha Pham di Hotel Mulia Jakarta.

“Sekarang kita expand dengan member baru yaitu Vietnam,” kata Perry dalam MoU, Jumat (25/8) seperti dilansir detikcom.

Kerja sama RPC akan menjadi langkah awal Indonesia dan Vietnam untuk menjalin kerja sama QRIS, Fast Payment, Real Time Gross Settlement (RTGS), Application Programming Interface (API), hingga data framework.

Vietnam akan bergabung dengan negara ASEAN lainnya yang telah lebih dulu menjalin kerja sama RPC bersama Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Ke depan, Brunei Darussalam juga akan menyusul.

“Vietnam sudah siap bergabung dengan 5 negara ini. Ke depan segera juga dengan Brunei gabung. Jadi RPC implementasinya satu per satu tergantung kesiapan negara,” ucapnya.

Perry memastikan bahwa semua negara ASEAN akan bergabung dalam kerja sama RPC. Hanya saja untuk implementasinya berbeda-beda tergantung kesiapan negara.

“Tahun lalu 5 siap, sekarang Vietnam siap dan Brunei segera sedang persiapan dan negara lain. Jadi ASEAN ke depan akan terkoneksi sistem pembayarannya,” tuturnya. 7

Komentar