nusabali

Lebah Bersarang di Puskesmas Abang I

  • www.nusabali.com-lebah-bersarang-di-puskesmas-abang-i

AMLAPURA, NusaBali - Lebah jenis Dendeng Si yang sangat membahayakan karena beracun, bergerombol mendatangi di Puskesmas Abang I, Banjar Tista Gede, Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem. Staf Puskesmas Abang I khawatir, membahayakan pengunjung dan petugas.

Salah satu staf Puskesmas, I Made Arya Setiawan yang telah tergigit, langsung melaporkan ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem, Senin (21/8), minta bantuan evakuasi. Evakuasi berlangsung, Senin (21/8) pukul 23.02 Wita.

13 petugas di Puskesmas Abang I merasa waswas akan bahaya serangan Lebah Dengdeng Ai. Apalagi, selama ini telah menimbulkan beberapa korban jiwa, atas sengatan lebah dengdeng air tersebut, karena gigitannya sangat beracun.

Petugas Pos Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Eka Putra yang menerima laporan dari Puskesmas Abang I. Petugas.mengevakuasi di bawah koordinasi Kasi PKPE (Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi) Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika. Hanya saja, petugas pemadam kebakaran kesulitan mengevakuasi karena lebah dengdeng air tidak bergerombol tetapi menyebar. Sebab lebah itu mencari setip titik lampu yang ada.

"Maka, kami melakukan evakuasi dengan cara mematikan semua lampu, kemudian menghalau gunakan sapu. Sebab, lebah dengdeng ai tidak bersarang, datangnya biasanya bergerombol dan berpindah-pindah," jelasnya.

Darma Kartika berharap, agar lebah dengdeng ai tidak datang lagi. "Saya berharap, agar staf Puskesmas Abang 1 lebih berhati-hati jika menemukan lebah dengdeng ai," pintanya.

Kepala Puskesmas Abang I dr I Komang Suwirta mengakui, ada lebah dengdeng ai yang mendatangi gedung Puskesmas Abang I. "Saya apresiasi langkah cepat staf Puskesmas Abang I, melaporkan ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem minta bantuan mengevakuasi lebah itu," jelasnya.7k16

Komentar