nusabali

Kenangan GBN Bali saat Perayaan HUT Ke–78 RI

Make-up dan Hair Do Mulai Pukul 24.00 WIB

  • www.nusabali.com-kenangan-gbn-bali-saat-perayaan-hut-ke-78-ri

JAKARTA, NusaBali - Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) telah sukses menjalankan tugasnya menyanyi saat Perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 RI di halaman Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).

Pemusatan latihan mereka di Kinasih Resort, Depok, Jawa Barat pun telah berakhir. Para personil GBN pulang ke daerahnya masing-masing pada Sabtu (19/8), termasuk personel GBN asal Bali.

Selama menjalani pemusatan latihan, personel GBN asal Bali memiliki kenangan. Hal itu diutarakan oleh Shalomith Christy Tanuwidjaja (Shalom). Menurut Shalom pengalaman menariknya adalah saat persiapan menuju Istana Merdeka untuk menyanyi pada Kamis (17/8).

Personel GBN perempuan dari 33 provinsi, harus bangun pada Rabu (16/8) malam pukul 23.00 WIB. Lantaran make up dan hair do para personel GBN perempuan berlangsung mulai pukul 24.00 WIB. Make up dan hair do disediakan oleh panitia. “Tetapi kami menunggu giliran,” ujar Shalom kepada NusaBali, Jumat (18/8).

Anak tunggal dari pasangan Samuel dan Sek Fang Lie ini menyatakan, meski bangun malam, dia dan teman-temannya tetap antusias. Personel GBN yang telah dimake up dan hair do mengisi waktu dengan mengobrol di antara mereka. Pasalnya, mereka baru berangkat ke Istana Merdeka pukul 04.00 WIB.

Mereka tiba di Istana Merdeka Jakarta pukul 04.30 WIB. Sementara mereka menyanyi setelah upacara pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) atau berkisar pukul 10.30 WIB. Mereka membawakan lagu nasional dan medley daerah.

“Antara lain lagunya ada Satria Indonesia, Zambrud Khatulistiwa duet dengan Ziva Magnolia, lalu Pemuda duet dengan Adi Karaf,” ucap Juara 1 Bali Cheonguk Festival kategori Kpop-Jpop sing cover ini. Oleh karena itu, Shalom merasa bersyukur mendapat kesempatan bernyanyi dalam peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI di halaman Istana Merdeka.

Bagi Shalom itu adalah pengalaman tidak terlupakan. Orangtua Shalom juga bangga atas penampilannya. Mereka menyaksikan penampilan Shalom dan personel GBN lainnya melalui televisi.

“Terima kasih kepada Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali yang sudah memberikan kesempatan kepada kami menjadi wakil Provinsi Bali dan mengantar kami saat keberangkatan di Bandara Ngurah Rai Bali,” kata Shalom.

Hal sama dikatakan personel GBN Bali, Karen Louisa Runkat (Karen). Karen sangat bersyukur dan terharu, semua berjalan dengan baik. Menurut mahasiswi semester 3 Jurusan PR di LSPR Bali itu, agar fokus menyanyi saat acara, Rabu (16/8) malam, semua handphone personel GBN dikumpulkan.

“Sebelum dikumpulkan, saya memberitahu keluarga agar menyaksikan kami di televisi,” ucap perempuan yang menyanyikan lagu Tanah Air saat audisi.

Setelah tampil, handphone dikembalikan dan Karen segera menghubungi orangtuanya.

“Mereka menyaksikan melalui Youtube dan responsnya sangat positif,” kata anak dari pasangan Moody Noldy Runkat dan Joice Grace Runkat ini. Satu yang menjadi kenangan Karen adalah saat Presiden Jokowi menghampiri para personel GBN. “Pada pra upacara, Pak Jokowi sempat menghampiri kami untuk menyapa dan menyemangati kami, anak-anak GBN. Sangat bangga rasanya,” papar Karen.

Selain Shalom dan Karen, dua personel GBN asal Bali lainnya adalah Ricky Matthew Piring (Matthew) dan Clarence Alberth Frederick Awola (Clarence). Mereka menjalani pemusatan latihan di Kinasih Resort, Depok, Jawa Barat sejak Kamis (3/8/2023). 7 k22

Komentar