nusabali

Respon Pertemuan Ganjar-Cak Imin

Hasto Sebut Dialog Para Pemimpin Kedepankan Kultur Bangsa

  • www.nusabali.com-respon-pertemuan-ganjar-cak-imin
  • www.nusabali.com-respon-pertemuan-ganjar-cak-imin

JAKARTA, NusaBali - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo bertemu dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Jumat (18/8). Pertemuan tersebut, diunggah Ganjar di media sosialnya.

Padahal, diketahui Cak Imin berada di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang mendukung bacapres Prabowo Subianto.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto pun, menanggapi pertemuan tersebut. Menurut Hasto, pertemuan itu positif. "Pertemuan tersebut sangat positif, menunjukkan bahwa dialog antar pemimpin merupakan hal yang sangat penting dan sesuai kultur bangsa," ujar Hasto melalui keterangan tertulisnya, Jumat (18/8).

Hasto menilai, pertemuan itu juga nampak berlangsung santai, rileks. Namun, mendalam ketika berbicara tentang dinamika politik nasional dan arah bagi masa depan bangsa dan negara. Terlebih, keduanya adalah teman lama. “Karena persahabatan Pak Ganjar dan Cak Imin sudah berlangsung lama, maka pertemuan tersebut terasa menggembirakan, jauh dari kesan tegang. Keduanya dipersatukan oleh masa lalu, dan harapan serta imajinasi terhadap masa depan," papar Hasto.


Dengan pertemuan tersebut, lanjut Hasto, semakin menunjukkan karakter kepemimpinan Ganjar Pranowo yang merangkul, penuh ketulusan dan menempatkan kekuasaan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. “Dalam diri Ganjar, kekuasaan itu bukan force, bukan sebagai rasa ‘ingin berkuasa’, namun sebagai daya atau power untuk mengabdi dan melayani rakyat," terang Hasto.

Sementara Cak Imin sendiri menunjukkan kualitasnya sebagai pemimpin yang berdaulat, cair dalam komunikasi dan sangat kaya pengalaman politik. “Yang terpenting pertemuan tersebut menunjukkan bahwa antara Ganjar dan Cak Imin memiliki basis kultural yang saling melengkapi," tegas Hasto. k22

Komentar