nusabali

Tabanan Tuan Rumah KTNA 2024

  • www.nusabali.com-tabanan-tuan-rumah-ktna-2024

Sebanyak 3.000 peserta dari kalangan petani dan nelayan akan melakukan rembug soal penerapan teknologi sekaligus expo.

TABANAN, NusaBali
Kabupaten Tabanan dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan rembug utama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA). Kegiatan yang bakal dihadiri 3.000 peserta akan berpusat di Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot, Desa Beraban,  Kecamatan Kediri. 

Sebagai persiapan rembug tingkat nasional itu, pengurus KTNA nasional telah datang ke Tabanan untuk menyampaikan kegiatan bergengsi. Sesuai rencana awal KTNA di Bali digelar selama 4 hari, mulai dari 25-28 Juli 2024. Kegiatan ini juga akan dilengkapi expo.  

Ketua KTNA Tabanan, I Nengah Mawan mengatakan sebagai persiapan, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya telah menerima audiensi dari pengurus KTNA nasional. "Tabanan terpilih menjadi tuan rumah karena berdasarkan usulan ke pengurus nasional saat Penas (Pekan Nasional) di Palu. Ada provinsi lain yang kita ajak bersaing, namun oleh pengurus pusat memilih Bali atau Tabanan jadi tuan rumah," ujarnya, Kamis (17/8). 

Menurutnya banyak manfaat jika Tabanan menjadi tuan rumah kegiatan KTNA secara nasional. Apalagi dalam kegiatan tersebut adanya expo yang otomatis akan mendatangkan wisatawan sekaligus sebagai peserta KTNA. "Saya rasa nanti ekonomi masyarakat juga akan menggeliat sebab dari hasil Penas di Palu waktu ini sekitar 3.000 orang yang hadir," jelasnya.  

Mawan sekaligus Perbekel Desa Gubug Kecamatan Tabanan ini menambahkan dalam rembug kegiatan KTNA tersebut pembahasannya adalah pengetahuan dan penerapan teknologi pertanian dalam arti luas. Apalagi Tabanan sebagai daerah agraris sehingga dengan menjadi tuan rumah KTNA dapat banyak memberikan manfaat. 

"Bahkan nanti sesuai rencana dalam KTNA tahun depan akan diisi dengan kunjungan lapangan atau mengunjungi sejumlah sentra pertanian yang ada di Kabupaten Tabanan sebagai studi banding dari para peserta kegiatan. Seperti, mengunjungi pertanian organik, tanaman sayuran di Baturiti," tandas Mawan.  7des

Komentar