nusabali

Pejabat di Tabanan Berkostum Pahlawan

Naik Jeep Willys ke Lokasi Upacara

  • www.nusabali.com-pejabat-di-tabanan-berkostum-pahlawan

TABANAN, NusaBali - Pelaksanaan upacara HUT ke-78 Republik Indonesia di Kabupaten Tabanan berlangsung semarak meskipun diguyur hujan, Kamis (17/8).

Uniknya, seluruh pejabat terlihat mengenakan kostum pahlawan kemerdekaan dan pahlawan revolusi. Mereka juga naik Jeep Wiliys menuju lokasi upacara di Lapangan Debes Jalan Mawar, Gerokgak Gede, Tabanan secara beriringan dari titik kumpul di Kantor Bupati Tabanan.

Pantauan di lapangan, Kamis pagi para pejabat di Tabanan sudah mulai berkumpul pada pukul 07.00 Wita di Kantor Bupati Tabanan. Dalam kesempatan itu Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya berkostum ala sang Proklamator, Ir Soekarno, didampingi istri sekaligus Ketua TP PKK Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya.

Sementara Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan beserta istri berkostum ala Wakil Presiden Pertama Mohammad Hatta. Tak kalah menarik, Sekda Tabanan I Gede Susila mengenakan kostum ala Jenderal Besar Soedirman. Sementara ada pula pejabat yang mengenakan kostum pahlawan lengkap dengan senjata yang dibawa.

Iring-iringan pejabat di Tabanan yang naik Jeep Willys tentu menjadi perhatian masyarakat Tabanan saat melintas. Rombongan pejabat saat menuju Lapangan Debes dipimpin langsung Bupati Tabanan yang naik Mobil Chevrolet Tahun 1958, mobil istri Bapak Proklamator Ibu Fatmawati. Selain pejabat, peserta upacara yang lain terdiri dari siswa-siswi, para ASN juga mengenakan kostum pahlawan tempo dulu.


Bupati Sanjaya mengatakan mengenakan kostum pahlawan di mementum peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI adalah bagian dari kreativitas. Sebab setiap tahun dalam peringatan kemerdekaan, pihaknya di Tabanan punya tradisi sendiri. "Tahun lalu sudah mengenakan kostum kebhinekaan. Sekarang lebih spesial mengenakan kostum pahlawan tempoe doeloe. Artinya adalah jangan sampai lupa akan sejarah bahwa para pahlawan kita memperebutkan Republik Indonesia dengan gagah dan penuh perjuangan," jelasnya.

Dia berharap lewat kostum pahlawan yang dikenakan seluruh peserta upacara bisa menjadi suri tauladan masyarakat terhadap semangat juang pahlawan yang telah memperebutkan kemerdekaan RI. "Lewat kostum yang kita kenakan, bagaimana kita meniru semangat pahlawan menuju Tabanan lebih baik," harapnya. Disebutkan para OPD di Tabanan untuk mempersiapkan kostum sangatlah kompak. Sebab hanya diberikan waktu seminggu seluruhnya OPD sangat cepat mendapatkan kostum. Selain kostum pahlawan, istri pejabat lainnya sebagian besar menjadi relawan kesehatan, ada yang menjadi bidan, perawat dan lainnya. "Saya juga persiapan mengenakan kostum tidak lama, singkat waktunya," kata Bupati Sanjaya.

Sementara itu terkait dengan kendaraan Jeep Wiliys termasuk Mobil Chevrolet Tahun 1958 yang dinaiki adalah kerja sama dengan komunitas di Bali. Khusus Chevrolet yang dinaiki Bupati Sanjaya adalah mobil bekas Ibu Negara Fatmawati. "Saya bersyukur sekali dapat naik mobil bekas Ibu Fatmawati. Ini adalah luar biasa," ujar Bupati Sanjaya. 7 des

Komentar