nusabali

Hadiah Gerak Jalan Menurun, Antusias Peserta Tetap Tinggi

  • www.nusabali.com-hadiah-gerak-jalan-menurun-antusias-peserta-tetap-tinggi

SINGARAJA, NusaBali - Lomba Gerak Jalan Pelajar kembali dilangsungkan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI.

Sebanyak 89 regu gerak jalan delapan kilometer tingkat SD berlomba semangat untuk menjadi yang terbaik. Lomba yang sudah menjadi agenda rutin pada bulan kemerdekaan ini mengambil start di depan Lapangan Ngurah Rai, Buleleng, Senin (14/8) siang.

Jumlah peserta lomba tahun ini pun tidak kalah dengan jumlah peserta tahun lalu. Meskipun tahun ini hadiah berupa uang pembinaan yang menjadi semangat khusus peserta menurun 30 persen dari tahun sebelumnya, namun hal itu tidak menjadi peserta patah semangat dan tetap mengikuti lomba dengan maksimal.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng I Made Astika mengatakan, lomba gerak jalan di tingkat kabupaten menjaring peserta dari sembilan kecamatan. Masing-masing kecamatan di luar Kecamatan Buleleng hanya bersifat partisipatif diwakili oleh tiga regu. Selebihnya peserta dari SD yang ada di Kecamatan Buleleng. “Karena di masing-masing kecamatan juga menggelar lomba yang sama, jadi hanya diwakili tiga regu saja,” terang Astika.


Dia menambahkan khusus untuk lomba gerak jalan tahun ini hanya ada tiga kategori. Selain gerak jalan 8 kilometer jenjang SD juga ada gerak jalan 8 kilometer jenjang SMP. Kategori tambahan lomba baru yakni Lomba Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB) yang pesertanya dari siswa SMA/SMK se-Buleleng. Sedangkan kategori gerak jalan dewasa putri 17 kilometer dan dewasa putra 45 kilometer ditiadakan tahun ini, karena waktu persiapan yang mepet.

Panitia juga disebut Astika sudah menyiapkan hadiah untuk para pemenang. Semua hadiah sama di masing-masing kategori. Selain mendapatkan piagam penghargaan dan tropi pemenang akan mendapatkan uang pembinaan. Juara I berhak atas hadiah uang Rp 10 juta, Juara II Rp 7,5 juta, Juara III Rp 5 juta, Juara Harapan I Rp 3 juta, Juara Harapan II Rp 2,5 juta, dan Juara Harapan III Rp 2 juta.

Kegiatan ini juga melibatkan 130 orang dewan juri dari Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) Kabupaten Buleleng. Sistem penjuriannya menggunakan sistem silang, untuk menjamin transparansi penilaian.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa menyebutkan lomba gerak jalan tetap dipertahankan untuk menyemarakkan HUT ke-78 RI. Menurutnya lomba ini mampu meningkatkan patriotisme di kalangan anak muda. Membangun nasionalisme dan memperkuat rasa kebangsaan sehingga tumbuh rasa persatuan dan kesatuan.

“Secara tidak langsung dapat membangun rasa kebersamaan dan solidaritas antara para siswa dan juga seluruh peserta. Selain meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, menempa diri menjadi generasi muda yang kuat cerdas dan bermartabat,” ungkap Suyasa. 7k23

Komentar