nusabali

Jokowi Resmikan Gedung Baru KPK

  • www.nusabali.com-jokowi-resmikan-gedung-baru-kpk

Presiden Joko Widodo meresmikan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kuningan, Jakarta, Selasa (29/12).  Jokowi berharap gedung baru ini memunculkan semangat baru bagi KPK untuk memberantas korupsi. 

KPK diminta bersinergi dengan kepolisian dan kejaksaan

JAKARTA, NusaBali  
"Saya mendukung pimpinan dan staf KPK menjawab harapan publik menjalankan pemberantasan korupsi. Semoga KPK bisa punya semangat baru memberantas korupsi," kata Jokowi dalam sambutannya pada Peresmian Gedung Baru KPK, Selasa (29/12). 

Gedung baru di lahan seluas 36.629 meter itu menelan dana dari APBN sebesar Rp 315 miliar. 

Presiden Joko Widodo meminta agar KPK menjaga independensinya dan harus bisa bebas dari kekuatan politik. "Independensi KPK harus didorong terus melalui langkah yang profesional, kredibel, transparan, serta akuntabel," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, sikap yang independen akan menjadi kekuatan tersendiri bagi KPK dalam menghadapi berbagai tantangan. Selain menjaga independensi, KPK diminta untuk bersinergi dengan lembaga penegak hukum lain, yaitu kepolisian dan kejaksaan. ‎Pemberantasan korupsi butuh dukungan dari dua institusi itu.

Jokowi mengatakan ego sektoral selama ini dinilainya sebagai penghambat keberhasilan pemberantasan korupsi. "Harus bersinergi, sebab tujuan kita hanya satu, yaitu bagaimana caranya memberantas korupsi secara lebih efektif." 

Jokowi mengatakan tantangan KPK saat ini bukan hanya pada banyaknya kasus yang ditangani. ‎Komisi antirasuah tersebut juga harus berhadapan dengan harapan publik yang tinggi terhadap kinerja KPK.

Walaupun lima pimpinan KPK merupakan wajah baru, ‎Jokowi yakin mereka bisa meningkatkan kepercayaan publik. 

Peresmian gedung baru itu dihadiri sejumlah tokoh di antaranya Presiden RI ke-3 BJ Habibie dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Tampak pula mantan pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjojanto serta Johan Budi SP.

SBY mengatakan KPK adalah tulang punggung pemerintahan bersih. "Kita memiliki harapan yang tinggi kepada KPK karena kita ingin negara kita bersih, sistemnya bersih. KPK adalah tulang punggung untuk itu," kata SBY.

Seperti apa gedung baru KPK? Gedung yang berjarak sekitar 500 meter dari gedung lama KPK tersebut memiliki sejumlah fasilitas yang canggih.

“Gedung ini dirancang menjadi smart building, green building, dan secure building,” ujar pemimpin KPK Agus Rahardjo saat memberikan sambutannya.

Agus melanjutkan, konsep smart diwujudkan dengan penggunaan sistem keamanan terintegrasi berupa kamera pengawasan, pengontrolan terhadap akses masuk, manajemen pengaturan pengunjung, dan pengawasan berkeliling, serta mampu mengendalikan semua aktivitas peralatan utama dan penunjang di dalam gedung.

Sedangkan konsep green, ucap Agus, diwujudkan dengan mengedepankan penghematan penggunaan energi, misalnya penggunaan air hujan untuk keperluan toilet dan penyiraman tanaman. “Untuk secure building, memang masih belum optimal. Gedung ini didesain agar hanya orang yang berhak yang bisa masuk ke dalam,” tutur Agus dilansir tempo.

Komentar