nusabali

Elon Musk Akan Bertemu Presiden Jokowi di Bali pada Perhelatan World Water Forum Ke-10

  • www.nusabali.com-elon-musk-akan-bertemu-presiden-jokowi-di-bali-pada-perhelatan-world-water-forum-ke-10

JAKARTA, NusaBali.com  - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengonfirmasi bahwa Elon Musk, pendiri dan CEO SpaceX serta pemilik layanan internet satelit Starlink, akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di sela-sela perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Pertemuan dikabarkan akan dilangsungkan di Bali pada Minggu (19/5) mendatang.

"(Elon Musk) mau bertemu presiden di Bali," ujar Budi usai menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional ke-11 Masyarakat Telematika Indonesia di Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada Rabu (15/5/2024). Meski begitu, Budi tidak merinci agenda yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Tunggu pembicaraan Pak Presiden dengan Mister Elon Musk, kalau dia hadir," tambah Budi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa layanan Starlink akan diresmikan oleh Presiden Jokowi bersama Elon Musk di sela-sela acara WWF ke-10 di Nusa Dua, Bali.

"Elon Musk akan meresmikan bersama Presiden, Starlink untuk mempermudah komunikasi di daerah terpencil. Ini akan dilakukan pada hari Minggu (19/5)," kata Luhut di Bali pada Selasa (14/5). Luhut juga memastikan kehadiran Elon Musk sebagai salah satu pembicara utama pada pembukaan WWF ke-10.

Penyedia jasa internet berbasis satelit, Starlink, diharapkan dapat menjangkau area yang selama ini sulit terhubung oleh penyedia jasa internet (PJI) lokal karena tantangan geografis. Teknologi satelit low earth orbit (LEO) yang digunakan oleh Starlink memungkinkan penyediaan internet di daerah-daerah terpencil dengan lebih efisien.

Budi menambahkan bahwa potensi kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Starlink akan dibahas lebih lanjut dalam rapat kerja di Bogor. "Kita juga akan bahas khusus di raker di Bogor soal Starlink. Apa aja soal kedaulatan kita, berbagai isu lah apakah Starlink ini memberi manfaat, atau bagaimana ekosistem kita harus kita jaga juga," tuturnya.

Dalam perkembangannya, layanan Starlink sudah memenuhi uji laik operasi (ULO) di Indonesia, yang berarti perusahaan milik Elon Musk tersebut telah memiliki izin sebagai penyelenggara telekomunikasi di tanah air.

Pertemuan antara Elon Musk dan Presiden Jokowi ini diharapkan dapat membuka peluang baru dalam bidang teknologi dan komunikasi, serta memberikan dampak positif bagi perkembangan infrastruktur digital di Indonesia, khususnya di daerah-daerah terpencil yang selama ini sulit terjangkau oleh layanan internet konvensional. *ant





Komentar