nusabali

Atasi Nottingham, Arsenal Raih Tiga Poin

Guardiola Senang, City Menang Awali Laga EPL

  • www.nusabali.com-atasi-nottingham-arsenal-raih-tiga-poin

LONDON, NusaBali - Arsenal meraih tiga poin di pekan pertama Liga Inggris 2023/2024. Meriam London menumbangkan Nottingham Forest 2-1, di Emirates Stadium, Sabtu (12/8) malam WITA.

Dua gol kemenangan Arsenal ke gawang Forest seluruhnya tercipta di babak pertama, masing-masing lewat aksi Eddie Nketiah dan Bukayo Saka. Forest baru memperkecil ketinggalan di babak kedua lewat Taiwo Awoniyi.

Berkat hasil ini, Arsenal pun sukses mengawali musim dengan raihan kemenangan. Di sisi lain, Forest tak perlu berkecil hati karena masih ada laga di pekan-pekan selanjutnya.

Arsenal mencoba menekan sejak awal babak pertama. Arsenal baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-26. Menerima assist backheel brilian Gabriel Martinelli, Nketiah melepas tembakan yang gagal dihentikan Matt Turner.

Hanya enam menit berselang, keunggulan Arsenal bertambah menjadi 2-0. Kali giliran Saka lewat tembakan melengkungnya ke tiang jauh yang membawa tuan rumah menjauh. Gawang Arsenal bobol pada menit ke-83. Tak ada gol tambahan dari kedua tim di sisa waktu. Skor 2-1 untuk kemenangan Arsenal pun menjadi hasil akhir laga ini.

Sementara itu, Manchester City berhasil mengawali Premier League musim ini dengan meraih kemenangan atas tuan rumah Burnley 3-0, di Turf Moor, Sabtu (12/8) dinihari WITA. Manajer City, Pep Guardiola merasa puas dengan penampilan anak asuhnya pada laga tersebut. Tiga gol City disarangkan Erling Haaland pada menit ke-4 dan 36', serta Rodri menit ke-75. 

Apalagi City tampil menekan dan dominan sejak bola digulirkan. City mencatatkan 65,5 persen penguasaan bola, berbanding 34,5 persen milik Burnley. Selain itu, City juga melepaskan 17 tembakan yang delapan di antaranya mengarah ke gawang.  Adapun Burnley hanya memperoleh satu peluang bagus dari enam kesempatan.  

Guardiola pun mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya dalam duel kontra Burnley. Meski begitu, Guardiola menilai timnya sempat kewalahan meladeni tim promosi tersebut.

Meski menang, Guardiola sempat memarahi Haaland yang mencetak dua gol.  Menurut Pep, Haaland terlalu ngotot mencoba mencetak gol, sehiggga dia melupakan banyak aspek penting dalam permainannya.

Menurutnya, Haaland seakan terbebani melampaui rekor gol dicetak musim lalu. Dia berharap sang striker melupakan beban itu dan bermain dengan lebih rileks.7

Komentar