nusabali

Menang Perdana di Kandang, 'Rasa Takut' Persebaya Hilang

  • www.nusabali.com-menang-perdana-di-kandang-rasa-takut-persebaya-hilang

SURABAYA, NusaBali - Gol tunggal Sho Yamamoto membawa Persebaya Surabaya meraih tiga poin dalam laga menjamu Persita Tangerang, pada pekan ke-8 Liga 1 Indonesia 2023/2024, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (12/8).

Bagi Persebaya, kemenangan itu yang pertama di kandang, sekaligus menghilangkan beban dan rasa takut di kandang.

Menyusul hasil laga tersebut, Persebaya melesat naik ke peringkat sembilan klasemen sementara dengan raihan poin 11 dari delapan laga. Sedangkan Persita di posisi 11 dengan poin 10 dari delapan laga juga.

Kemenangan itu yang kedua secara beruntun bagi Persebaya, setelah pada laga sebelumnya menang 2-1 di markas Bhayangkara FC pekan lalu (8/8). Winger Sho Yamamoto mencetak gol pada menit ke-55. 

Pelatih interim Persebaya, Uston Nawawi menekankan kepada pemainnya untuk menjaga kebersamaan dan tetap mengamankam tiga poin. Dia mengaku sangat bersyukur karena tiga poin perdana dari laga kandang. 

“Saya apresiasi kinerja pemain dan semua staf kepeatihan. Hari ini kedua tim memainkan penampilan menarik," kata Uston Nawawi, kepada wartawan usai laga.

"Dalam dua pertandingan ini, bedanya tidak banyak. Kami mengangkat mental dulu pemain, bagaimana kami mau menang atau tidak. Perkara menang, seri, atau kalah, kami belum tahu hasilnya," kata karetaker Persebaya itu.

Fakta menariknya, kemenangan ini jadi kali pertama yang diraih Persebaya dalam laga kandang pada musim ini. Bahkan, Bajul Ijo juga mencatatkan clean sheet alias tidak kebobolan untuk kali pertama.

Sebelumnya, Persebaya sempat dihantui fakta tak pernah menang di markas sendiri. Sudah tiga laga kandang sebelumnya dilewati dengan dua hasil imbang dan satu kekalahan.

Tekanan Bonek diyakini jadi alasannya. Bahkan Uston menyebutkan tak perlu ada GBT-fobia melihat timnya susah menang di kandang. Reva Adi Utama dkk. pun membuktikan bisa mematahkan hal itu.

Secara permainan, Persebaya sebenarnya tak tampil terlalu apik. Mereka lebih banyak mengandalkan pergerakan winger Bruno Moreira yang tampil dengan mobilitas tinggi mencari celah mencetak gol. Namun para pemain telah bertekad mengamankan poin penuh demi mendapatkan lebih banyak dukungan Bonek.

"Saat di ruang ganti kami bicara, harus dan mau tidak mau wajib menang di kandang untuk membangkitkan mental. Kami sedikit down karena belum menang di kandang," kata Andre Oktaviansyah, gelandang Persebaya.

Selanjutnya Persebaya masih akan menjalani laga kandang pada laga selanjutnya, yakni menjamu sang juara bertahan PSM Makassar, pada pekan kesembilan BRI Liga 1, Jumat (18/8). 7

Komentar