nusabali

Pameran Kerajinan Digeser ke GKBK

HUT Ke-128 Kota Negara

  • www.nusabali.com-pameran-kerajinan-digeser-ke-gkbk
  • www.nusabali.com-pameran-kerajinan-digeser-ke-gkbk

NEGARA, NusaBali - Pemkab Jembrana akan kembali menggelar pameran kerajinan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rangka menyambut HUT ke-128 Kota Negara. Rencananya, pemeran yang akan digelar mulai Minggu (13/8) hingga Sabtu (19/8), dipusatkan di Gedung Kesenian Ir Soekarno atau Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Jembrana I Komang Agus Adinata, Kamis (10/8), mengatakan dipilihnya lokasi pameran di GKBK Jembrana bertujuan untuk memfokuskan acara di seputaran Pemkab. Di samping itu, pameran yang biasa diadakan di sentral parkir Kantor Bupati Jembrana, tidak memungkinan karena disiapkan sebagai tempat relokasi pedagang Pasar Umum Negara (PUN).

Khusus saat HUT Kota Negara tahun 2022 lalu, pameran juga sempat dipusatkan di Angkringan Negara Bahagia di area Terminal Umum Negara, Desa Baluk, Kecamatan Negara. Namun karena kondisi angkringan yang sudah sepi, maka dipilih alternatif lokasi pameran di GKBK Jembrana. "Kami pilih ke gedung kesenian biar sekalian mempromosikan pasar relokasi. Rencanya relokasi sudah mulai tanggal 14 Agustus," ujar Agus Adinata.


Dalam pameran nanti, Agus Adinata mengaku, akan diikuti sebanyak 84 peserta dari kalangan perajin, UMKM, BUMN, BUMD, serta swasta. Khusus pameran kali ini hanya dikuti peserta UMKM dari lokal Jembrana. "Semua Jembrana. Kami tidak undang dari luar karena ingin memfokuskan promosi produk lokal Jembrana," ujar mantan Camat Negara ini. 

Selama pelaksanaan pameran nanti, Agus Adinata mengaku, juga akan diadakan acara hiburan gratis tiap malamnya. Untuk pembukaan pada Minggu (13/8) malam, akan diisi acara hiburan dari musisi Bali, Ray Peni dan beberapa musisi lokal. Hari kedua pada Senin (14/8) malam, ditampilkan pertunjukan seni geguntangan. Hari ketiga pada Selasa (15/8) malam, ada pertunjukan kesenian bumbung kepyak. 

Kemudian hari keempat pada Rabu (16/8) malam, diisi pertunjukan gong kebyar kolaborasi tingkat SMP se-Jembrana. Hari kelima pada Kamis (17/8), diisi acara konser dengan menampilkan bintang tamu utama Gus Jody. Hari keenam pada Jumat (18/8), diisi acara konser dengan menampilkan bintang tamu utama Bayu Cuaca. Sementara hari terakhir pada Sabtu (19/8), diisi acara konser dengan bintang tamu utama Bayu KW. 7ode

Komentar