nusabali

Obama: Terimakasih Bali!

  • www.nusabali.com-obama-terimakasih-bali

Liburan Barack Obama ke Pulau Dewata dilanjutkan dengan melancong ke Jogjakarta.

MANGUPURA, NusaBali

Setelah enam hari, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengakhiri liburannya di Bali dengan kesan positif. Rabu (28/6), Obama bersama rombongannya bertolak dari Bandara Ngurah Rai melanjutkan liburannya ke Jogjakarta.

"Melalui stafnya, (Obama) sangat berterima kasih atas kerja sama dengan pihak keamanan. Beliau merasa aman dan nyaman. Obama menikmati panorana alam dan budaya Bali," kata Komandan Korem 163 Wira Satya Kolonel Arhanud I Gede Widiyana setelah melepas keberangkatan Obama yang lepas landas sekitar pukul 12.12 Wita di Base Ops Pangkalan Udara Ngurah Rai, lebih cepat sekitar 18 menit dari jadwal semula 12.30 Wita.

Menurut Widiyana, pihaknya selalu berkoordinasi dengan tim pendukung atau advance dari Obama sehingga selama liburan di Bali, hampir tidak ada satu hal yang kurang bagi mantan presiden AS ke-44 itu. "Selama ini saya melihat wajah dan gerak tubuh beliau sangat menikmati Bali. Tidak ada (hal yang mengecewakan) karena kami selalu berkoordinasi," imbuhnya.

Meski tetap melakukan standar pengamanan sesuai prosedur bagi kepala negara atau mantan kepala negara (VVIP), Widiyana mengatakan pihaknya tetap fleksibel dalam melakukan pengamanan sesuai permintaan Obama yang tidak mau diperlakukan istimewa.

Sebelum naik ke pesawat Gulfsream N50JE, Obama menyempatkan diri berfoto dengan para pejabat yang melepas keberangkatannya. Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak, Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Petrus Golose dan Komandan Pangkalan Udara Ngurah Rai Kolonel Penerbang Wayan Superman turut melepas keberangkatan Obama.

Danlanud Ngurah Rai Kolonel Penerbang Wayan Superman mengatakan tidak ada penutupan bandara saat pesawat Obama lepas landas. "Sama saat Obama tiba, kami hanya memberikan prioritas untuk tinggal landas," katanya.

Sedangkan pesawat-pesawat yang hendak lepas landas atau mendarat di saat bersamaan saat Obama berangkat, Superman mengatakan pesawat-pesawat tersebut diminta mendahulukan pesawat yang mengangkut mantan presiden AS itu.

Sebelum Obama datang ke landasan udara, sterilisasi juga dilakukan oleh personel Unit K9 Polda Bali. Sebanyak dua anjing pelacak mengendus setiap tempat yang dicurigai seperti tempat bagasi, ruang kabin dan tangga masuk pesawat. “Sterilisasi dilakukan untuk memastikan dan menjamin bahwa pesawat tersebut dalam keadaan aman dan siap digunakan oleh Barack Obama saat berangkat menuju Jogjakarta,” ujar Karo Ops Polda Bali Kombes Pol I Nyoman Sumanajaya.  Ditambahkannya, Tim Advance Barack Obama mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kinerja Polda Bali yang sudah melaksanakan tugas pengamanan dengan sangat baik.

Sementara itu  Kepala Humas AP I Ngurah Rai Ari Ahsanurrohim mengatakan pihaknya hanya melakukan pengamanan yang ketat di bandara. Penerbangan komersial tetap berjalan normal.

"Kami hanya mempersiapkan pengaman yang lebih ketat saja. Petugas personil eksisting avsec diarahkan menuju ke base ops. Selain itu kami menyiapkan K9 untuk clearence sebelum pesawat Obama take off menuju bandara Adisucipto, Jogjakarta," tuturnya.

Selama berlibur di Bali, Obama menginap di hotel mewah di Desa Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar dengan pemandangan alam sawah dan sungai serta perbukitan. Obama dan keluarga mengunjungi sejumlah objek dan daya tarik wisata di antaranya kawasan warisan budaya dunia persawahan terasering Jatiluwih di Tabanan, berarung jeram di Sungai Ayung, mengunjungi Pura Tirta Empul dan Pura Gunung Kawi. *cr64,rez,ant

Komentar