nusabali

Polda Siapkan Langkah Preventif Amankan Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-polda-siapkan-langkah-preventif-amankan-pemilu-2024

DENPASAR, NusaBali - Komisi I DPRD Bali mengadakan rapat kerja bersama jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Bali membahas persiapan penanganan Pemilu 2024 di Ruang Rapat Gabungan, Gedung DPRD Bali, Senin (7/8).

Kapolda Bali Irjen Ida Bagus Kade Putra Narendra memaparkan langkah-langkah yang dilakukan untuk membangun Pemilu damai di Bali.

Pada rapat yang dipimpin Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Kapolda Irjen Putra Narendra memaparkan akan melakukan mapping terhadap kelompok atau tokoh dengan potensi politik identitas maupun anti politik identitas serta selalu update dengan dinamika politik (parpol dan relawan). Polda Bali juga berkoordinasi dengan Bawaslu untuk melakukan sosialisasi terkait larangan kampanye sesuai pasal 280 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Mengajak penyelenggara Pemilu, pengamat, pengurus ormas dan stakeholder terkait untuk gelorakan Pemilu yang berdasarkan demokrasi Pancasila," kata Kapolda asal Tabanan ini. Lebih jauh, jajaran Polda Bali juga akan menggalang Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk bersama-sama menyampaikan larangan menggunakan tempat ibadah sebagai tempat aktivitas kampanye politik. "Kita antisipasi situasi di antara para kontestan kemudian masyarakat. Kita sosialisasi menjelang Pemilu agar tidak menggunakan tempat ibadah untuk kampanye," tegas Putra Narendra.

Selanjutnya mantan Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa Staf Kapolri Bidang Logistik (Karoada B/J Slog) Polri ini mengatakan bahwa pihaknya akan mengintensifkan KRYD (Kegiatan Kepolisian Rutin Yang Ditingkatkan) Cooling System untuk mereduksi potensi kerawanan tahapan Pemilu. Sementara itu, pihak kepolisian juga akan terus meningkatkan sinergitas dan soliditas bersama TNI dan instansi terkait dalam pengamanan Pemilu. Media pun akan dirangkul untuk mencegah potensi konflik sosial politik.

"Kita di Polri selain berintegrasi, kita punya sistem Sipandu Beradat, kita punya Polisi Banjar. Pada saat Jumat Curhat dan Minggu Kasih kita akan mensosialisasikan langsung menyentuh masyarakat," kata Kapolda. Rasio polisi dengan penduduk Bali saat ini 1:385. Putra Narendra meyakinkan jika situasi Bali masih aman terkendali jelang Pemilu awal tahun depan. "Sementara ini zonanya sedang, aman, tapi titik-titik tertentu nanti kita lihat perkembangannya," tambah Irjen Putra Narendra.

Terkait hoaks Pemilu pihaknya juga menyebut belum terlihat, terkecuali berita bohong yang tidak terkait Pemilu di dunia maya. Terkait baliho caleg yang memenuhi sudut-sudut jalan, Kapolda mengomentari pihaknya akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan KPU supaya ketentuan-ketentuan yang telah disepakati agar diikuti dan dilaksanakan. Sementara itu Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama berharap Pemilu 2024 di Bali berjalan dengan baik dan Bali yang juga menyandang Pulau Pariwisata tetap aman dan kondusif. Ia menegaskan bahwa keamanan Bali bukan saja tanggung jawab pemerintah ataupun kepolisian, tapi juga semua pihak.

"Kita berharap Pemilu berjalan dengan baik, Bali tetap aman dan kondusif. Dan memang keamanan termasuk juga tanggung jawab kita bersama baik pemerintah, kepolisian, masyarakat termasuk media," tandas politisi asal Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Tabanan ini. 7 cr78 

Komentar