nusabali

Walikota Berharap Pemilu Lancar, Aman, dan Damai

Serah Terima Kirab Bendera Parpol Peserta Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-walikota-berharap-pemilu-lancar-aman-dan-damai

DENPASAR, Bali - Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Serah Terima Kirab Bendera Partai Politik Peserta Pemilu Serentak Tahun 2024 dari KPU Gianyar kepada KPU Denpasar, di halaman kantor KPU Denpasar, Minggu (6/8).

Kirab tersebut merupakan agenda nasional sosialisasi menyongsong pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Hadir Ketua KPU Bali I Dewa Gede Agung Lidartawan, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Kapolresta Denpasar Kombes Bambang Yugo Pamungkas, Forkopimda Denpasar, Ketua Bawaslu Denpasar I Putu Arnata, pimpinan parpol di tingkat Kota Denpasar, penyelenggara pemilu dari tingkat kecamatan dan desa/kelurahan.

Iring-iringan kirab tiba di Denpasar sekitar pukul 08.00 Wita diiringi baleganjur, Tari Sekar Jempiring dan Baris Gede. Selanjutnya bendera parpol diarak mengelilingi Lapangan Niti Mandala. Kemudian dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima serta Deklarasi Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa, dan penyerahan cenderamata Suara Rakyat (Sura) dan Suara Pemilu (Sulu) yang merupakan Maskot Pemilu Serentak 2024.

Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya menjelaskan, Kirab Pemilu 2024 merupakan program nasional yang dilaksanakan oleh KPU dan seluruh jajarannya di tingkat daerah dengan mengusung tema ‘Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa’. Kegiatan ini pertama kali diluncurkan oleh KPU RI di Jakarta pada 14 Februari 2023 tepat setahun menuju Pemilu 2024 dan akan berakhir di Jakarta pada 26 November 2023.

Kirab Pemilu 2024 ini diilaksanakan pada 8 jalur dan akan melewati 305 kabupaten/kota yang tersebar di 38 provinsi. Kirab Pemilu Jalur VI memasuki Provinsi Bali melalui Kabupaten Karangasem pada 13 Juli 2023, berlanjut ke Kabupaten Klungkung, Bangli, Gianyar, dan pada Minggu kemarin tiba di Kota Denpasar.

“Kirab Pemilu 2024 di Denpasar akan berlangsung hingga 13 Agustus 2023. Selanjutnya bendera akan diserahterimakan kepada KPU Badung,” ucap Arsa Jaya.  

Ditambahkannya, KPU Denpasar akan mengemas Kirab Pemilu 2024 ini dengan berbagai kegiatan sosialisasi yang diawali dengan sosialisasi bersama Pasukan Kuda, Atlet Pelari, Petugas Woro-woro dari Pemkot Denpasar serta Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di seputaran Monumen Perjuangan Rakyat Bali, dilanjutkan sosialisasi kepada segmen pemilih pemula, disabilitas, perempuan, pemuda, tokoh adat, dan masyarakat di area publik seperti pasar dan lapangan.

Walikota Jaya Negara berharap kirab ini dapat mensosialisasikan tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat dengan optimal. Sehingga masyarakat menjadi paham dan dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Dia juga mengajak masyarakat Kota Denpasar untuk berperan aktif mensosialisasikan tahapan pemilu serta ikut mendukung dan mensukseskan Pemilu 2024 dari awal hingga akhir.

Walikota Jaya Negara mengajak seluruh pimpinan, pemangku kepentingan, partai politik, dan masyarakat untuk mendukung serta berpartisipasi menyukseskan Kirab Pemilu 2024 dan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Hari ini kita telah berada pada tahapan sosialisasi melalui Kirab Bendera Partai Politik Peserta Pemilu Serentak Tahun 2024. Kepada warga Kota Denpasar mari bersama mensukseskan rangkaian Pemilu 2024, sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai yang berkemanfaatan untuk kesejahteraan rakyat,” kata Walikota Jaya Negara. @ mis

Komentar