nusabali

Meriah, Kirab Pemilu 2024 di Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-meriah-kirab-pemilu-2024-di-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com – Setelah sepekan sebelumnya dilangsungkan di Kabupaten Gianyar, Kirab Pemilu 2024 diselenggarakan di tengah-tengah car free day (CFD) di kawasan Renon, Kota Denpasar pada Minggu (6/8/2023).

Dalam acara yang dilaksanakan di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar,  KPU Gianyar menyerahkan bendera Pemilu 2024 kepada Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya.

Pada kegiatan penyerahan bendera kirab tersebut seluruh partai politik peserta Pemilu 2024 hadir untuk proses deklarasi dengan tujuan nantinya pemilu berlangsung damai, demokratis dan sebisa mungkin tanpa sengketa karena seluruh proses dilakukan terbuka.

“Kami menargetkan selaras dengan target KPU yaitu jumlah pemilih di atas 80 persen, mudah-mudahan bisa terwujud,” ujar Arsa Jaya.

KPU Denpasar, kata Arsa Jaya,  mulai menjalankan sosialisasi dengan bendera kirab hingga Minggu (13/8/2023) mendatang. Arsa Jaya mengatakan Pemilu ini adalah pemilu inklusif dalam arti berkeadilan, jadi semua segmen, termasuk disabilitas diberikan informasi untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada 2024.

Selain disabilitas, pihaknya juga memanfaatkan momentum untuk sosialisasi kepada kelompok pemilih pemula dan perempuan. Sedangkan kegiatan sosialisasi kepada pemilih pemula lantaran pada pesta demokrasi kali ini karena terjadi peningkatan jumlah pemilih dari kelompok tersebut, di mana berdasarkan proyeksi daftar pemilih tetap sebanyak 30 persen adalah pemilih pemula dan pemilih muda.

“Itu alasan utama kami mendorong pemilih pemula dan pemilih muda untuk mendapatkan sosialisasi dan dorongan agar berpartisipasi lebih masif dalam proses Pemilu 2024,” kata Arsa Jaya.

Selain itu, kata dia, juga alasan pihaknya menyasar segmen perempuan karena ingin berfokus terutama kepada ibu rumah tangga agar ada dorongan meningkatkan partisipasi dari dalam rumah tangga.

Mulanya, kata dia, KPU Denpasar hendak mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi, namun libur Hari Raya Galungan dan Kuningan membatalkan niat tersebut, sehingga mereka mengubah strategi.

“Jadi ada beberapa kegiatan yang menyasar lokasi pura seperti di Pura Sakenan. Tanggal 9 Agustus nanti kita melakukan aksi bersih sekaligus proses sosialisasi di area Pura Sakenan, sekaligus juga  acara penanaman pohon sebagai wujud bahwa pemilu ini ramah lingkungan,” ujar Arsa.

Pada Kirab Pemilu 2024 ini, sejumlah parpol juga mengerahkan simpatisannya dengan membawa bendera. Bahkan simpatisan Partai Amanat Nasional (PAN) membawa audio music mengiringi ‘Goyang PAN PAN PAN’.

Sementara kehadiran Walikota Denpasar IGN Jaya Negara juga disambut antusias para simpatisan, di mana simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gelora berebutan selfie dengan walikota bersahaja ini. *ant, mao

Komentar