nusabali

Apel HUT 17 Agustus Pejabat di Tabanan Kenakan Kostum Pahlawan

  • www.nusabali.com-apel-hut-17-agustus-pejabat-di-tabanan-kenakan-kostum-pahlawan

TABANAN, NusaBali - Pemkab Tabanan melakukan persiapan jelang peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Menariknya saat peringatan HUT nanti Bupati dan Wakil Bupati Tabanan hingga para pejabat di Tabanan bakal mengenakan kostum pahlawan nasional. Bahkan nantinya mereka akan berjalan beriringan dari Kantor Bupati Tabanan menuju Lapangan Debes naik mobil Jeep Willy’s.

Untuk diketahui, upacara 17 Agustus tahun ini dilaksanakan di Lapangan Debes yang berlokasi di areal GOR Debes Banjar Gerogak, Desa Delod Peken Kecamatan Tabanan karena Lapangan Alit Saputra sedang dilakukan penataan.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Tabanan I Nyoman Hari Sujana mengatakan persiapan Tabanan menyambut HUT RI tengah berlangsung. Bahkan sudah dilakukan sejumlah kegiatan mulai dari jalan santai, pemasangan bendera hingga Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya akan mengajar di SMAN 1 Tabanan Sabtu (5/8).

"Program mengajar ini baru pertama kali serangkaian peringatan HUT RI. Pak Bupati nantinya akan mengajar terkait pembangunan di Kabupaten Tabanan dalam rangka menuju Indonesia emas di tahun 2024," terangnya, Jumat (3/8).

Sementara khusus saat peringatan HUT atau pada saat apel nanti, terang Hari Sujana sesuai ide dari pimpinan Bupati Sanjaya, seluruh OPD di Tabanan bakal berkostum pahlawan. Untuk Bupati Tabanan sendiri bakal mengenakan kostum pahlawan Soekarno, Wakil Bupati Tabanan mengenakan kostum Muhamad Hatta, dan Sekda Tabanan bakal mengenakan kostum. Panglima Sudirman.

"Mengenakan kostum pahlawan ini ide dari Bapak Bupati Tabanan. Sebab sebelumnya sudah pernah mengenakan busana adat daerah dan busana Bali. Nah kali ini para pejabat akan mengenakan busana pahlawan berikut hiasan di wajah biar menyerupai pahlawan. Kostum yang dikenakan sudah dbagikan ada sekitar 35 pahlawan yang diperankan," akunya.

Sementara untuk istri pejabat ini mereka dikonsepkan mengenakan pakaian relawan zaman dulu seperti pakaian dokter, perawat, TNI dan lainnya. "Sesuai konsep para pejabat nantinya akan naik Jeep Willy’s dari Kantor Bupati Tabanan menuju lokasi upacara di Lapangan Debes. Mobil kita sudah bekerjasama dengan komunitas Tabanan dan Bali," beber Hari Sujana. Dia berharap perayaan HUT 17 Agustus di Tabanan berjalan lancar dan tanpa mengurangi makna.

Hari Sujana menambahkan perayaan HUT 17 Agustus di Tabanan juga bakal dimeriahkan sejumlah lomba yang diikuti oleh OPD di Tabanan. Lomba bakal dilaksanakan di Taman Bung Karno areal Taman Kota Tabanan. "Ada 7 lomba yang dibuat seperti lomba ngibing, lomba bakiak, lomba cantel topi hingga lomba lari karung," tandasnya. 7des

Komentar