nusabali

Seluruh Jemaah Haji Asal Bali Sudah Pulang

  • www.nusabali.com-seluruh-jemaah-haji-asal-bali-sudah-pulang
  • www.nusabali.com-seluruh-jemaah-haji-asal-bali-sudah-pulang

DENPASAR, NusaBali - Jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 85 gabungan dari Provinsi Bali, Jawa Timur, dan NTT telah kembali ke Indonesia usai menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Nurkhamid menjelaskan pemulangan jemaah haji kloter 85 dimulai dari keberangkatan di Madinah pada Kamis (3/8) pukul 04.40 WAS dengan nomor penerbangan GA-640. Mereka tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya pada Kamis (3/8) pukul 21.50 WIB. Kemudian para jemaah tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Kamis (3/8) pukul 24.00 WIB.

“Alhamdulillah sebanyak 36 orang jemaah haji asal Bali pulang dengan sehat dan selamat,” terang Nurkhamid, Jumat (4/8) siang.

Lebih lanjut ia jelaskan, sebanyak 36 orang jemaah haji asal Bali tersebut merupakan gabungan dari Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Jembrana, Tabanan, Buleleng, dan Karangasem. Mereka sudah berangkat menuju Bali dengan menaiki bus pada Jumat (4/8) sekitar pukul 02.00 WIB dan tiba di Bali pada Jumat malam.


“Jemaah haji asal Buleleng dan Karangasem turun di Pelabuhan Gilimanuk yang djemput oleh keluarganya. Lalu, jemaah haji asal Jembrana turun di Kemenag Negara dan sisanya turun di Badung,” jelasnya.

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya jemaah haji asal Bali yang tergabung dalam Kloter 45 dan 46 asal Bali telah kembali ke Indonesia pada Sabtu (22/7) sore dan Minggu (23/7) pagi. Sementara, Kloter 85 merupakan jemaah haji yang tergabung di dalam kuota tambahan. Provinsi Bali sendiri pada tahun 2023 mendapat kuota 698 jemaah haji.

“Yang pulang hari ini adalah jemaah haji asal Bali dari kuota tambahan. Jadi pemerintah Indonesia mendapat kuota tambahan sebanyak 8.000 orang. Total itu sudah dibagi di masing-masing provinsi dan Bali mendapat bagian sebanyak 36 orang,” tutupnya. 7ol3

Komentar