nusabali

Volume Sampah di Klungkung Meningkat Saat Galungan

  • www.nusabali.com-volume-sampah-di-klungkung-meningkat-saat-galungan

SEMARAPURA, NusaBali - Volume sampah di Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung mengalami peningkatan signifikan hingga 120 persen serangkaian Hari Raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (2/8).

Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung I Ketut Suadnyana mengatakan, sampah Galungan diangkut pada rahina Umanis Galungan, Kamis (3/8). “Peningkatan volume sampah karena saat Galungan kami tidak mengangkut sampah,” ujar Suadnyana.


Akibat volume sampah meningkat, pengangkutan harus dilakukan dua kali pada pagi dan sore hari menggunakan 14-unit truk dan 6-unit mobil pick up. Mengantisipasi penumpukan, beberapa sampah yang belum dipilah dibawa ke TPA Sente, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung. Sampah yang sudah dipilah dari sumbernya langsung diolah di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center, Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan.

Dalam sehari volume sampah di Kota Semarapura, Klungkung termasuk Pasar Semarapura dan Pasar Galiran sekitar 19-20 truk/hari. Tiap truk mengangkut 1,5-2 ton sampah. Sampah organik diolah menjadi pupuk dan sampah plastik diolah menjadi pelet bahan bakar listrik serta dikerjasamakan dengan pihak ketiga. “Kami juga bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI),” ujar mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Klungkung ini. 7 wan

Komentar