nusabali

Putri Koster Gelar Ramah Tamah dengan Teater Mandiri

Ajak Seniman Serius Meregenerasi

  • www.nusabali.com-putri-koster-gelar-ramah-tamah-dengan-teater-mandiri

DENPASAR, NusaBali - Ny Putri Koster menyampaikan apresiasi atas partisipasi dari Teater Mandiri, Jakarta dalam Festival Seni Bali Jani (FSBJ).

Disutradarai oleh Putu Wijaya, Teater Mandiri tampil memukau para penonton dalam pergelaran teater modern ‘AH’ pada Sabtu (29/7) malam. Usai tampil di FSBJ, Ny Putri Koster menggelar ramah tamah dengan Teater Mandiri di Gedung Kertha Sabha, Jayasabha, Denpasar, Minggu (30/7).

Ny Putri Koster yang akrab disapa Bunda Putri, mengemukakan gelaran FSBJ dilaksanakan sebagai ajang wadah kreativitas bagi seni modern. Berbeda halnya dengan Pesta Kesenian Bali (PKB) yang merupakan ajang kreativitas bagi seni tradisional. Dengan digelarnya FSBJ setiap tahun oleh Pemerintah Provinsi Bali diharapkan seni modern baik itu teater, film, puisi maupun konten modern lainnya dapat berkembang khususnya di kalangan generasi muda. Dengan adanya wadah ini, Ny Putri Koster mendorong para generasi muda untuk mengasah kemampuan teater. Tidak hanya itu, para penggemar teater juga diharapkan rajin menonton pertunjukan teater khususnya penampilan teater ternama, sehingga bisa menyimak dan banyak belajar dari penampilan para seniman yang lebih berpengalaman.

Ny Putri Koster berharap dengan hadirnya seniman dari luar Bali ke ajang FSBJ, selain tampil dalam pergelaran juga diharapkan bisa menjadi ajang ramah tamah serta berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk menambah ilmu serta mengasah kemampuan berteater.

Bunda Putri mengajak para seniman untuk lebih serius meregenerasi, tidak hanya menyambung para pemain tetapi juga mengisi mereka dengan pengetahuan. Demikian halnya para generasi muda, diharapkan jangan cepat berpuas diri, teruslah belajar dan mengisi diri, jadikan setiap pementasan adalah koma dari setiap proses, bukan sebagai titik henti.

Pendiri Teater Mandiri, Putu Wijaya menyampaikan bahwasannya dalam setiap pertunjukan teater sesungguhnya bukan hanya dipertunjukkan untuk menghibur semata, tetapi ada maksud yang ingin disampaikan, ada pengetahuan yang bisa diserap dalam setiap pertunjukannya. Melalui pertunjukan teater juga bisa menyampaikan banyak hal, baik itu sikap protes, rasa amarah, rasa bahagia, dan lainnya. Untuk itu, pihaknya juga mengajak para generasi muda yang menggemari teater agar melakukannya dengan sungguh-sungguh karena teater juga terapi bagi diri sendiri dan juga terapi bagi masyarakat.

Dalam keterangan tertulis yang diterima NusaBali, Senin (31/7), acara ramah tamah penuh kekeluargaan pada sore hari ini juga dihadiri oleh seniman dan sastrawan Ida Bagus Anom Ranuara, Gus Martin serta para seniman yang tergabung dalam Teater Mandiri Jakarta, Teater Agustus serta Teater Selem Putih.

Pada kesempatan tersebut, Ny Putri Koster yang juga selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali memperkenalkan tenun endek Bali serta kain tropis kepada para seniman dan menjadikan kain-kain khas Bali tersebut sebagai cenderamata. 7 bin

Komentar