nusabali

Jokowi Undang Siswi yang Jahit Kemejanya ke Perayaan HUT RI di Istana

  • www.nusabali.com-jokowi-undang-siswi-yang-jahit-kemejanya-ke-perayaan-hut-ri-di-istana

JAKARTA, NusaBali - Gayung bersambut. Harapan siswi SMKN 4 Kota Jambi yang mengukur dan menjahit kemeja Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk bisa datang ke Istana Presiden tampaknya segera terwujud. Jokowi mengundang mereka untuk hadir di perayaan HUT ke-78 RI.

“Ya benar, yang diundang mereka yang mengukur dan menjahit baju Bapak Presiden,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Minggu (30/7/2023).

Bey menjelaskan Jokowi sudah menyampaikan permintaan agar mengundang siswi SMKN 4 Jambi yang menjahit kemejanya itu sejak jauh-jauh hari. Bahkan, kata Bey, hal itu disampaikan kepada Sekretariat Presiden sebelum video harapan para siswi itu dirilis di YouTube.

“Sejak awal, sebelum harapan siswa SMKN 4 Jambi disampaikan di video, Bapak Presiden sudah meminta kami, Sekretariat Presiden, untuk mengundang ke istana saat perayaan HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023,” ujar Bey seperti dilansir detikcom.

Sebelumnya, harapan siswi SMKN 4 Jambi itu disampaikan saat menyaksikan video Jokowi memakai kemeja putih jahitannya. Saat itu Jokowi sedang kunjungan kerja ke Bengkulu.

Para siswi tersebut terlihat tersenyum. Mereka senang kemeja jahitannya bisa dikenakan Jokowi.

“Sudah dipakai,” ujar salah seorang siswi dalam video di akun YouTube Setpres.

“Keren luar biasa ya. Ukurannya kalau saya lihat pas, bahunya pas, kerahnya,” ujar guru menimpali omongan siswi tersebut.

Guru SMK Negeri 4 Kota Jambi lalu berharap para siswi yang membuat kemeja putih untuk Presiden Jokowi bisa diundang ke Istana. Ucapan itu langsung diaminkan para siswi tersebut.

“Harapannya kita datang ke sana ya, kapan-kapan mudah-mudahan, berdoa, mudah-mudahan tidak hanya bajunya tapi orang yang jahit juga bisa ke istana ya,” kata guru tersebut seperti dalam tayangan video di akun YouTube Setpres yang dilihat, Minggu (30/7).

“Amin,” kata para siswi menimpali doa tersebut.

Cerita tentang Jokowi memesan kemeja ke siswi SMKN 4 Jambi itu bermula saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke Jambi. Di SMK yang memiliki program keahlian kuliner, perhotelan, busana, tata kecantikan, dan spa ini, Jokowi melihat langsung siswa-siswi yang sedang melaksanakan praktikum.

Saat bertemu siswa jurusan tata boga, Jokowi menanyakan ketertarikan para siswa mendirikan usaha toko roti sendiri. Hampir serempak semua siswa menyampaikan ketertarikannya.

“Saya, Pak,” jawab para siswa dengan kompak, Selasa (16/5/2023).

Sementara itu, ketika bertemu dengan siswa tata busana, Jokowi memuji keahlian para siswa yang sudah bisa membuat gaun pesta. Jokowi pun langsung memesan pakaian buatan para siswa.

“Coba saya, buatkan pakaian ya. Ayo ukur,” ucap Jokowi.

Dua siswa yang berada di sana pun segera mendekat untuk mengukur badan Jokowi. Tampak keduanya agak grogi saat melakukan pengukuran pakaian.

“Buat satu dulu ya, nanti kirim ke Istana. Kalau sudah pas, buat lagi,” kata Jokowi.

“Ini buat membeli bahannya ya,” tambah Jokowi sambil memberikan amplop.

Dua bulan berselang, Jokowi memakai kemeja yang dijahit siswi SMKN 4 Jambi saat kunjungan kerja di Bengkulu.

“Supaya tahu saja, baju yang saya pakai ini juga produksi SMK Negeri 4 Jambi, ini saya pakai. Saya pesen 2 bulan lalu, lalu jadi, langsung saya pakai,” kata Jokowi dalam keterangan pers setelah mengunjungi SMKN 2 Bengkulu Tengah seperti ditayangkan di akun YouTube Setpres, Kamis (20/7).

Jokowi mengatakan kemeja yang dibuat oleh SMKN 4 Jambi itu bagus. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, yang berada di samping Jokowi, tersenyum dan langsung melihat kemeja tersebut. 7

Komentar