nusabali

Truk Pasir Jadi Momok Wisata di Candidasa

  • www.nusabali.com-truk-pasir-jadi-momok-wisata-di-candidasa
  • www.nusabali.com-truk-pasir-jadi-momok-wisata-di-candidasa

AMLAPURA, NusaBali - Truk pengangkut pasir masih sering parkir berjejer di bahu jalan Objek Wisata Candidasa, Karangasem, hingga jadi momok bagi pelaku wisata dan wisatawan setempat. Padahal di bahu jalan itu ada tanda larangan parkir. Bahkan sejumlah truk juga kerap parkir pada malam hari.

Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna berjanji  akan menindak tegas sopir-sopir truk angkut pasir yang sering parkir berjejer di bahu jalan Objek Wisata Candidasa. "Nanti kami akan perbanyak patroli. Jika ketahuan ada truk parkir lagi, maka kami akan tindak langsung (tilang)," jelas Kapolres AKBP Ricko AA Taruna kepada NusaBali di Amlapura, Minggu (30/7).

Sebagaimana diketahui, truk parkir di sisi selatan jalan raya Objek Wisata Candidasa sering terjadi, terutama di depan Hotel The Rishi. Trek,berjejer tiga hingga lima truk. Padahal di lokasi sudah dipasangi tanda larangan parkir.

Dampaknya, para pengendara lainnya terhambat lalulalang karena sebagian badan jalan terhalang. Apalagi sering ada wisatawan yang jalan-jalan di trotoar hingga pandangannya terganggu. Saat wisatawan hendak menyeberang jalan, tapi sebagian badan jalan terhalang truk.

Kapolres AKBP Ricko AA Taruna menambahkan, dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Karangasem untuk menggelar penertiban. Bukan saja untuk mengecek surat-surat kendaraan bermotor, beserta SIM, juga mengecek muatan pasir yang terangkut.

Apalagi, lanjut Kapolres AKBP Ricko, di jalan raya banyak ditemukan truk ODOL (over dimensi over loading) atau kelebihan angkut muatan. Selain itu, spesifikasi kendaraan tidak standar, bertentangan dengan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, dan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP.4413/AJ.307/DRJD/2020. Menindak truk ODOL itu kewenangan Dinas Perhubungan Karangasem.

Kasatlantas Polres Karangasem AKP Wahyu Joko, juga berjanji untuk memprioritaskan patroli ke Objek Wisata Candidasa yang merupakan jalur Amlapura - Denpasar. "Truk-truk itu bukan saja di Objek Wisata Candidasa sering parkir, juga di perbatasan Banjar Samuh (Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem) dengan Banjar Karanganyar, Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis yang masih wilayah Objek Wisata Candidasa," kata AKP Wahyu Joko.

Di samping itu truk juga parkir di Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem terutama di dekat jembatan yang merupakan akses Amlapura-Denpasar, menyebabkan kemacetan. Sebab, lalulintas padat, akses jalan sebagian terhalang.7k16

Komentar