nusabali

DPPU Ngurah Rai Support Taman Gumi Banten di Jembrana

  • www.nusabali.com-dppu-ngurah-rai-support-taman-gumi-banten-di-jembrana

NEGARA, NusaBali - Gagasan mendirikan Taman Gumi Banten (TGB) di Desa Yehembang Kangin, Kabupaten Jembrana, akhirnya terwujud. Kini desa berlokasi di Kecamatan Mendoyo itu sudah memiliki TGB yang sebelumnya dirintis masyarakat setempat dengan berdirinya ‘Hutan Belajar’ pada akhir 2022.

Dukungan mewujudkan TGB ini dilakukan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai.

“Kami mewakili perusahaan sangat bersemangat dalam berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat dalam upaya pelestarian hutan lindung dan peningkatan kesejahteraan para petani hutan di Desa Yehembang Kangin,” kata Operation Head DPPU Ngurah Rai, Dicky Abdul Hakim, Jumat (28/7).

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU)  antara DPPU Ngurah Rai dengan Desa Yehembang Kangin sudah dilakukan pada Sabtu (8/7) lalu bertepatan dengan Tumpek Wariga. Acara yang dilangsungkan di Desa Yehembang Kangin tersebut dihadiri Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Camat Jembrana, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana, Polres Jembrana, Perbekel, Bendesa Yehembang Kangin dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Bani Giri Lestari, Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Bali Barat.

DPPU Ngurah Rai menyepakati pendampingan program Perhutanan Sosial yang merupakan sistem pengelolaan hutan untuk meningkatkan kesejahteraan dan keseimbangan masyarakat setempat. “Penandatanganan MoU pendampingan program ini merupakan langkah awal yang sangat baik dan mendukung program Jembrana Emas 2026,” jelas Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, 

Senada dengan Bupati Jembrana, I Gede Suardika selaku Perbekel Desa Yehembang Kangin mengatakan bahwa pihak desa sangat bersemangat untuk mengembangkan program Perhutanan Sosial ini. “Kami berharap Pertamina dapat memberikan pendampingan dalam pengembangan program dan KTH Banu Giri Lestari. Kelompok masih membutuhkan pendampingan dan pendataan flora dan fauna yang ada di kawasan Hutan Lindung di Desa Yehembang Kangin,” harap Perbekel Suardika.

Sementara itu Area Manager Comm Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi menjelaskan Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. “Harapan kami semoga program ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui pemberdayaan dan kelestarian hutan dan tentunya semakin meningkatkan hubungan baik dan sinergi antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat,” tutup Ahad. 7mao

Komentar