nusabali

Bupati Suwirta Resmikan Dua TK Negeri di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-resmikan-dua-tk-negeri-di-nusa-penida
  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-resmikan-dua-tk-negeri-di-nusa-penida
  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-resmikan-dua-tk-negeri-di-nusa-penida

Guru diminta tidak mengajarkan membaca dan menghitung, namun menguatkan pendidikan karakter dan sopan santun.

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Bunda PAUD Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta meresmikan dua sekolah TK negeri di Desa Lembongan dan Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Jumat (28/7). Peresmian ditandai dengan penandatanganan papan nama dan penyerahan SK penegerian TK dan SK guru oleh Bupati Suwirta.

Penyerahan SK disaksikan Bunda PAUD, Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Klungkung I Ketut Sujana, Camat Nusa Penida Kadek Yoga Kusuma, prajuru desa adat dan perangkat desa setempat. TK yang diresmikan yakni TK Dewa Kumara Desa Lembongan dan TK Kumara Jaya Desa Jungutbatu. Program Satu Desa Satu TK Negeri merupakan program inovatif yang dirancang murni oleh Bupati Suwirta dan hanya satu-satunya di Bali bahkan di Indonesia dan menjadi role model.


Program Satu Desa Satu TK negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di masing-masing desa. Meningkatkan partisipasi anak dalam menempuh pendidikan usia dini. Bupati Suwirta meminta guru untuk menguatkan pendidikan karakter dan sopan santun. “Jangan dulu diajarkan membaca dan berhitung, kuatkan pendidikan karakter dan sopan santunnya,” pinta Bupati Suwirta.

Kasek TK Kumara Jaya Jungutbatu, I Wayan Darmita mengatakan TK ini berdiri sejak 16 Juli 1991 dan sudah menamatkan 1.464 anak. “Kami mengucapkan terima kasih atas penegerian ini dan mengapresiasi inovasi Satu Desa Satu TK Negeri dan kami sudah siap menjadi TK negeri,” ujar Wayan Darmita. 

Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Klungkung I Ketut Sujana mengatakan, sejak Program Satu Desa Satu TK Negeri digulirkan, hingga tahun 2022 sebanyak 50 TK negeri diresmikan dari total 59 desa/kelurahan di Kabupaten Klungkung. Tahun 2023, Bupati meresmikan 7 TK negeri.  wan

Komentar