nusabali

Gerak Jalan 17 Km dan 45 Km Ditiadakan

  • www.nusabali.com-gerak-jalan-17-km-dan-45-km-ditiadakan

SINGARAJA, NusaBali - Lomba gerak jalan yang menjadi agenda tahunan di Kabupaten Buleleng, kembali digelar untuk memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Hanya saja untuk kategori 17 kilometer dan 45 kilometer ditiadakan. Panitia menyebut karena waktu persiapan sangat singkat, maka akan berbahaya jika dipaksakan untuk dilombakan.

Pelaksanaan lomba gerak jalan tahun ini dikoordinatori oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng menggandeng Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) Kabupaten Buleleng. Ketua Igornas Buleleng I Made Sumarga Jaya usai pembentukan panitia kecil Kamis (27/7) menjelaskan, sesuai kesepakatan rapat awal bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) menyatakan siap mengikuti lomba.

Masing-masing satuan pendidikan di setiap kecamatan akan mengirimkan perwakilan peserta lomba. Untuk jenjang SD dan SMP akan dilombakan gerak jalan 8 kilometer. Lomba gerak jalan 8 kilometer ini akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Agustus mendatang. Sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA akan digelar lomba gerak jalan Latihan Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Variasi. Jenis lomba gerak jalan baru ini menggantikan jenis lomba yang ditiadakan tahun ini.

“Pertimbangannya gerak jalan 17 kilometer dan 45 kilometer tidak bisa dilaksanakan karena banyak pertimbangan, khususnya dari pertimbangan fisik. Kalau dilihat dari ilmu kesehatan dan olahraga jarak 17 dan 45 kilometer ini membutuhkan persiapan fisik yang matang. Berisiko kalau dipaksakan dengan waktu tersisa sekarang,” terang Sumarga Jaya.

Khusus untuk lomba gerak jalan LKBB Variasi akan dilangsungkan pada 16 Agustus mendatang. Pelaksanaan lombanya pun hanya akan berbentuk display mengambil tempat di depan Kantor Bupati Buleleng. Sumarga mengaku dalam penjurian akan melibatkan TNI, Polri, Pramuka dan juga dari Igornas yang memang berkompeten di peraturan LKBB. 7k23

Komentar