nusabali

Jelang Galungan, Pemkab Badung Gelar Operasi Pasar Elpiji 3 Kilogram Serentak

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-pemkab-badung-gelar-operasi-pasar-elpiji-3-kilogram-serentak

MANGUPURA, NusaBali.com - Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, kelangkaan gas Elpiji 3 kilogram kembali terjadi. Pemkab Badung merespons hal ini dengan operasi pasar serentak pada Kamis (27/7/2023).

Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Diskop UKMP) Kabupaten Badung kembali menggelar operasi pasar gas Elpiji 3 kilogram di masing-masing kecamatan pasca kelangkaan gas bersubsidi ini pada Juni lalu.

"Ini adalah salah satu langkah yang kami ambil menyikapi kelangkaan gas bersubsidi Elpiji 3 kilogram jelang hari raya," kata Kepala Diskop UKMP Badung ketika dihubungi pada Rabu (26/7/2023) sore.

Sama seperti kasus kelangkaan pada Juni lalu, operasi pasar dipusatkan pada satu titik di masing-masing kecamatan. Di mana, akan ada 1.120 tabung gas digelontorkan di setiap titik.

"Kami akan lihat dulu perkembangannya. Kalau masih terjadi kelangkaan, akan kami gelontorkan lagi sesuai kebutuhan masyarakat," imbuh Widiana.

Operasi pasar serentak ini akan berlangsung di enam titik sesuai jumlah kecamatan di Badung. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 Wita.

Warga cukup membawa fotokopi KTP dan tabung gas kosong untuk ditukar sesuai harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp 18.000.

Berikut titik-titik operasi pasar gas Elpiji 3 kilogram di Badung:

  • - Kecamatan Petang, dipusatkan di Kantor Camat Petang.
  • - Kecamatan Abiansemal, dipusatkan di Kantor Camat         Abiansemal.
  • - Kecamatan Mengwi, dipusatkan di depan Kantor Perbekel Mengwi atau areal bencingah Puri Ageng Mengwi.
  • - Kecamatan Kuta Utara, dipusatkan di jaba Pura Desa lan          Puseh Desa Adat Padangluwih, Desa Dalung.
  • - Kecamatan Kuta, dipusatkan di depan Kantor Lurah Legian.
  • - Kecamatan Kuta Selatan, dipusatkan di areal Kantor Lurah     Benoa.

"Lokasi ini masih bersifat sementara atau tentatif. Bisa saja akan ditambah atau dipindahkan ke lokasi lain menyesuaikan kebutuhan di lapangan," imbuh Widiana.

Diskop UKMP Badung berkomitmen menyelesaikan dinamika kelangkaan tabung gas Elpiji 3 kilogram jelang Galungan dan Kuningan.

Sementara itu, Pertamina diharapkan melakukan evaluasi terhadap skema distribusi gas Elpiji 3 kilogram agar kelangkaan tidak terus berulang. *rat

Komentar