nusabali

Untuk Penguatan Peran Perempuan dan Kesetaraan Gender

Putri Hariyani Dorong Sinergi antar Lembaga Perempuan

  • www.nusabali.com-untuk-penguatan-peran-perempuan-dan-kesetaraan-gender

DENPASAR, NusaBali - Ketua BKOW (Badan Kerjasama Organisasi Wanita) Provinsi Bali, Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati (Ny Cok Ace) mendorong sinergi antar organisasi perempuan untuk penguatan peran perempuan dan kesetaraan gender.

Hal itu disampaikan Ny Cok Ace saat menghadiri puncak acara perayaan HUT ke-99 DPD Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Provinsi Bali dan NTB di Gereja Roh Kudus Katedral Denpasar, Sabtu (22/7).

Kehadiran Ny Cok Ace di tengah-tengah keluarga besar WKRI DPD Bali-NTB ini bertujuan membangun sinergi dalam penguatan peran perempuan di segala bidang.

Dalam sambutannya Ny Cok Ace menyampaikan WKRI adalah salah satu organisasi kewanitaan yang tergabung dalam wadah BKOW Bali. “BKOW merupakan wadah untuk menyamakan persepsi dan menyatukan langkah organisasi wanita,” ujar istri Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati ini.

Dalam program kerjanya, kata dia, BKOW fokus pada kegiatan peningkatan kualitas kaum perempuan agar bisa menunjukkan kiprah dalam pembangunan. Lebih dari itu, BKOW juga banyak berperan aktif dalam mendukung program pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan upaya mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender.

Ny Cok Ace juga mengapresiasi WKRI Bali-NTB yang selama ini telah menunjukkan kiprah melalui pergerakan dan kegiatan yang bermanfaat bagi kaum perempuan. Dia pun memuji gagasan pengurus WKRI yang melaksanakan sejumlah kegiatan dalam rangka peringatan hari jadinya. “Kegiatan yang dilaksanakan sangat positif dan bermanfaat. Ini sejalan dengan visi BKOW yaitu meningkatkan kualitas SDM perempuan,” terangnya sembari berharap ke depan WKRI terus membangun sinergi dengan organisasi perempuan lainnya yang tergabung dalam wadah BKOW.

Sementara Ketua Presidium WKRI DPD Bali- NTB Elizabeth Natalia Prawitasari menyampaikan terima kasih atas kehadiran Ketua BKOW Bali Ny Cok Ace. Elizabeth menambahkan, jika diibaratkan manusia, 99 tahun merupakan usia sepuh. Namun dia menegaskan bahwa semangat jajaran WKRI akan terus menyala.

Elizabeth juga menyampaikan bahwa WKRI akan terus mengambil peran dan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan program pembangunan yang tengah dijalankan oleh pemerintah. Peran aktif itu telah ditunjukkan dalam ragam kegiatan serangkaian peringatan HUT ke-99 WKRI Bali NTB. “Kami melaksanakan kegiatan di bidang lingkungan yaitu melalui gerakan adopsi mangrove. Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” cetusnya.

Sedangkan Uskup Denpasar Mgr Dr. Silvester San dalam sambutannya berharap WKRI mampu mendorong penguatan peran perempuan bagi lingkup keluarga, masyarakat hingga program pembangunan. N nat

Komentar