nusabali

Bau Sampah Diprotes Warga

Wawali Arya Wibawa Datangi Warga, Hentikan Sementara Sampah ke TPST

  • www.nusabali.com-bau-sampah-diprotes-warga

Arya Wibawa temui warga untuk mencari solusi terbaik yang memberikan dampak positif bagi kedua pihak.

DENPASAR, NusaBali
Protes warga sekitar soal bau sampah dari TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) di Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur ditanggapi serius Pemkot Denpasar. Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa terjun langsung menemui masyarakat yang terdampak di Bale Banjar Biaung, Kesiman Kertalangu, Jumat (21/7) malam. Arya Wibawa temui warga untuk mencari solusi terbaik yang memberikan dampak positif bagi kedua pihak.

Arya Wibawa mengatakan, permasalahan sampah saat ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Denpasar. Namun demikian, keluhan masyarakat terkait bau sampah menyengat juga penting, lantaran berpengaruh terhadap kenyamanan warga.
 
"Tujuan kami ke sini (Banjar Biaung,red) bertemu masyarakat untuk mendengarkan langsung keluhannya, dan di sini juga kami berdiskusi mencari solusi terbaik, sehingga penanganan sampah tetap optimal dan masyarakat tidak terganggu," ujar Arya Wibawa dalam keterangan pers yang diterima NusaBali, Sabtu (22/7).

Lebih lanjut dijelaskan Arya Wibawa, sebagai langkah awal Pemkot Denpasar telah menghentikan sementara pengangkutan sampah ke TPST Kesiman Kertalangu. Hal ini sembari menunggu proses optimalisasi pengolahan dengan peningkatan mesin yang ada.
 
"Untuk sementara kita hentikan dulu pengiriman sampah ke TPST. Sementara kita bawa ke TPA Suwung, Kecamatan Denpasar Selatan. Kami sudah minta agar TPST Biaung dioptimalkan, baik itu mesin dan pola pengolahannya, sembari mencari solusi jangka panjang," kata politisi PDI Perjuangan asal Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan ini.

Pihaknya juga mengingatkan Bali CMPP selaku pengelola TPST Kesiman Kertalangu agar bekerja serius dan optimal. Terutama merealisasikan komitmen awal pengolahan sampah tanpa bau sesuai janji dengan masyarakat sekitar saat sosialisasi awal.

"Kami harus mengingatkan Bali CMPP selaku pengelola TPST, agar bekerja lebih optimal, dan mewujudkan apa yang menjadi komitmen awal. Sesuai dengan janji-janji yang pernah disampaikan kepada masyarakat dan pemerintah. Semoga dalam waktu dekat bisa diatasi masalah bau dan optimalisasi pengolahan sampah di TPST," pungkas Arya Wibawa. @mis

Komentar