nusabali

Dortmund Bantu TC Timnas U-17

Bima Sakti Akan Panggil Pemain Diaspora

  • www.nusabali.com-dortmund-bantu-tc-timnas-u-17

JAKARTA, NusaBali - Klub Bundesliga Borussia Dortmund akan membantu pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-17 di Jerman. Timnas U-17 sendiri terbang ke Jerman pada September 2023.

Skuad Garuda Asia akan menimba ilmu selama sebulan lebih di Jerman, untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Pelatih Timnas U-17, Bima Sakti membeberkan agenda timnya selama di Jerman. Selain berlatih, para pemainnya juga akan beruji coba dengan tim junior klub Bundesliga. Aktivitas Timnas U-17 di Jerman juga akan dibantu tim Borussia Dortmund, yang bersama perwakilan Bundesliga baru melakukan pertemuan dengan PSSI pada 17-18 Juli 2023.

"TC Timnas U-17 di Jerman. Ketua Umum PSSI, Pak Erick Thohir sudah menyampaikan ke saya. Nanti di sana akan ada beberapa uji coba. Rencananya PSSI akan membuat turnamen mini," ujar Bima Sakti, di Lapangan ABC, Komplek Gelora Bung Karno, Kamis (20/7).

Menurut Bima Sakti PSSI akan menggelar turnamen mini untuk Timnas U-17 selama TC di Jerman. Namun untuk lawan-lawannya masih belum diketahui.

Timnas U-17 saat ini sedang TC sekaligus seleksi di Jakarta sebagai persiapan untuk Piala Dunia U-17 2023. TC berlangsung pada 9 Juli sampai 28 Agustus 2023 dan diikuti puluhan pemain.

Lebih jauh, Bima Sakti akan memanggil sejumlah pemain diaspora untuk memperkuat Timnas U-17, yang dipersiapkan berkompetisi di Piala Dunia U-17 pada November mendatang.

Di dalam skuad yang diasuh Bima saat ini, terdapat enam orang pemain diaspora atau keturunan Indonesia. Namun Bima tetap membuka peluang mendatangkan pemain keturunan lainnya, atau mencoret pemain keturunan yang masuk dalam tim saat ini.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyatakan telah melakukan pendataan terhadap 30 pemain diaspora, yang telah disodorkan ke PSSI.

Bima sendiri menyatakan dirinya telah melihat penampilan beberapa pemain diaspora tersebut. Untuk beberapa pemain seperti Gabriel Han Wilhoft-King yang berkiprah di Tottenham Hotspur atau pemain tim junior PSV Eindhoven Igor Sanders, Bima juga menjalin komunikasi dengan orangtua mereka.

"Gabriel di Tottenham itu pernah main di timnas U-16 Inggris melawan Turki. Saya sudah lihat, berapa jumlah passingnya, dia punya kualitas. Tapi tetap, saya buat aturan sama, tidak ada yang istimewa, mereka akan diseleksi juga seperti yang lain," kata Bima.

Lebih jauh Bima Sakti juga mencoret satu pemain dari daftar skuad sementara dalam proses seleksi untuk persiapan Piala Dunia U-17. Bima mengatakan saat ini skuadnya berisi 32 pemain, dan dia akan mencoret beberapa pemain lagi.

"Afrizal (Muhammad Afazriel.red) dari Sumatera Utara, Asahan, kami pulangkan. Nanti juga ada beberapa pemain lagi akan kami pulangkan," kata Bima Sakti. ant

Komentar