nusabali

Dinas PM-PTSP Bantu Terbitkan 310 Izin

  • www.nusabali.com-dinas-pm-ptsp-bantu-terbitkan-310-izin

Dari 7 Februari hingga 5 Juli 2023 jumlah kunjungan ke mobil pelayanan perizinan keliling Dinas PM-PTSP di 22 titik mencapai 524. Mayoritas yang dibantu untuk pendaftaran izin merupakan pelaku UMKM.

DENPASAR, NusaBali
Masyarakat Kota Denpasar cukup antusias melakukan pengurusan izin yang dibantu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Denpasar. Dari 7 Februari hingga 5 Juli 2023 jumlah kunjungan ke mobil pelayanan perizinan keliling di 22 titik mencapai 524. Dari total tersebut sebanyak 310 izin khususnya Nomor Izin Berusaha (NIB) berhasil diterbitkan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas PM-PTSP Kota Denpasar Ida Bagus Benny Pidada Rurus yang akrab disapa Gus Benny, Jumat (14/7). Menurutnya, mobil keliling yang dimiliki Dinas PM-PTSP terus beroperasi. Pengoperasian ini dilakukan pada titik-titik yang dianggap ramai untuk dikunjungi pemilik usaha yang ingin usahanya memiliki izin.

Mereka yang biasanya datang merupakan pemilik usaha yang belum bisa mendaftarkan usahanya dan belum memiliki NIB.

"Kami saat ini bertugas membantu mereka yang sedang ingin memiliki izin usaha. Mereka biasanya belum tahu cara menggunakan sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko," jelas Gus Benny.

Mobil keliling menurut dia sudah mengunjungi sebanyak 22 titik lokasi dari 7 Februari hingga 5 Juli 2023 untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan proses penerbitan izin/NIB melalui OSS-RBA. Dari puluhan lokasi tersebut ada sebanyak 524 kunjungan dari masyarakat dan 310 izin yang dibantu penerbitannya melalui OSS-RBA.

Hal itu cukup positif kendati seluruh izin sekarang sudah dipermudah dengan langsung mendaftar ke OSS karena izin langsung terbit. "Kami hanya membantu mereka yang belum paham, dan sosialisasi agar mereka atau pemilik usaha mau mengurus izin," ujarnya.

Menurut Gus Benny, kebanyakan yang dibantu untuk pendaftaran izin merupakan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sebab, saat ini pemerintah tengah gencar memperhatikan UMKM agar perekonomian bisa bangkit kembali dan kian berkembang. 7 mis

Komentar