nusabali

Pimpinan OPD Se-Bali Hadiri Rakor Apkasi di Klungkung

  • www.nusabali.com-pimpinan-opd-se-bali-hadiri-rakor-apkasi-di-klungkung
  • www.nusabali.com-pimpinan-opd-se-bali-hadiri-rakor-apkasi-di-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri rapat koordinasi wilayah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Provinsi Bali di hotel kawasan Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Senin (10/7).

Rakor dihadiri Wakil Ketua Umum Apkasi Dandang Supriatna dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing kabupaten/kota se-Bali.

Bupati Suwirta selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Apkasi Bali mengatakan, Apkasi berperan aktif sebagai penyedia advokasi, mediasi, dan fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat. Sehingga segala potensi yang dimiliki masing-masing daerah bisa dikembangkan untuk mensejahterakan masyarakat. “Kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, mari bersama-sama promosikan potensi pariwisata untuk kemajuan daerah,” harap Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga berharap Apkasi dapat lebih optimal menjalankan fungsi sebagai mitra kritis dan strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintahan daerah. Apkasi sebagai fasilitator memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat. Memfasilitasi kerja sama antardaerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi, pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerintah daerah. Apkasi mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam menghadapai persaingan regional dan global. 

“Apkasi bermitra dengan pemerintah pusat dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan serta kebijakan di bidang otonomi daerah,” imbuh Bupati Suwirta.

Dandang Supriatna mengatakan, inflasi menjadi perhatian bersama. Upaya-upaya aktif mengendalikan inflasi daerah perlu terus dilakukan bersama. Dandang juga mengapresiasi Bupati Suwirta selaku Korwil Bali yang mempersiapkan kegiatan dengan baik. “Semoga melalui forum ini sumbang saran bapak ibu menjadi solusi atas permasalahan di daerah yang sedang kita hadapi bersama, sehingga bisa dibahas dalam Rakernas Apkasi XV yang diselenggarakan bersama dengan Apkasi Otonomi Expo 2023 pada 20 Juli 2023 mendatang di ICE BSD Tangerang,” kata Dandang. @ wan

Komentar