nusabali

Masih Ada Calon Peserta Didik Tercecer

  • www.nusabali.com-masih-ada-calon-peserta-didik-tercecer

Siswa yang mengaku tercecer ini akan ditarik ke zona asalnya.

GIANYAR, NusaBali 
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi menyebabkan banyak calon peserta didik tercecer. Di hari pertama masa pengenalan lingkungan sekolah, masih ada calon siswa baru yang mencari jalur alternatif agar lolos di sekolah tujuan. Setelah ditelusuri, mayoritas calon siswa baru ini ngotot ingin sekolah favorit di luar zona.

Pantauan di lapangan, di hari perdana masuk sekolah, khususnya di SMP favorit masih terlihat sejumlah orang tua siswa yang berjuang agar anaknya diterima. Para orang tua ini mengklaim anaknya sebagai siswa tercecer karena belum mendapatkan kepastikan diterima di sekolah yang diharapkan.

Mereka pun membandingkan sejumlah siswa yang diterima di sekolah favorit yang sama-sama berasal dari luar zona. “Anak saya hanya ingin sekolah di SMP ini karena temannya banyak diterima di sini,” ungkap salah satu orang tua siswa, Senin (10/7).

Kadis Pendidikan Gianyar, I Made Suradnya menegaskan tidak ada siswa yang tercecer. Disdik Gianyar akan mengambil tindakan tegas terkait masih banyak orang tua siswa yang mendesak agar anaknya diterima di sekolah tertentu. “Semua lulusan SD di Gianyar dipastikan diterima di SMP negeri. Aturannya sudah jelas. Mereka yang belum mendapat sekolah itu bukan tercecer namun ngotot ingin sekolah di luar zona tempat tinggalnya,” ungkap Suradnya.

Suradnya akan bersikap untuk memastikan agenda pendidikan berjalan. Secara tegas siswa yang mengaku tercecer ini akan ditarik ke zona asalnya. “Keputusan ini akan kami tegaskan. Jika diabaikan itu menjadi risiko siswa. Kalau semua siswa memaksakan keinginan kan tidak akan selesai urusannya,” tegas Suradnya. 7 nvi

Komentar