nusabali

Pengkab Cabor di Tabanan Wajib Setor Atlet Bayangan

  • www.nusabali.com-pengkab-cabor-di-tabanan-wajib-setor-atlet-bayangan

TABANAN, NusaBali - KONI Tabanan bergerak cepat mengawali persiapan Porprov Bali XVI/2025. Persiapan awal dilakukan dengan mewajibkan Pangkab cabor mengirimkan atlet bayangan untuk Porprov.

"Biasanya kita kumpulkan cabor untuk nama - nama atlet Porprov pada September 2024 nanti atau setahun jelang gelaran Porprov, tapi untuk Porprov nanti kita lakukan pemetaan sejak jauh hari 2 tahun jelang Porprov," ucap Ketua Umum KONI Tabanan, Made Nurbawa, Jumat (7/7).

Menurut Nurbawa, data base bayangan itu sifatnya wajib disampaikan oleh Pengkab Cabor yang harus disetor ke KONI Tabanan. Atlet yang yang masuk nama bayangan Porprov itu adalah mereka yang dari sisi syarat dan regulasi masih memungkinkan tampil di ajang Porprov Bali, terutama soal umur dan ketentuan lainnya.

"Kita sekarang mulai bergerak dengan perencanaan yang lebih awal. Sehingga pembinaan nantinya juga hasilnya lebih matang," kata Made Nurbawa, yang juga mantan Sekum KONI Tabanan.

Untuk itu, kata Nurbawa, dari 44 cabor di bawah KONI Tabanan diharapkan mulai melihat dan memetakan atletnya yang masih dapat turun di Porprov Bali. Bahkan, kata dia, termasuk pergeseran umur dua tahun juga harus dikalkulasi, sehingga sekarang atlet pelajar tingkat SMA potensial diterjunkan jika memiliki catatan prestasi bagus.

"Atlet pelajar ke olahraga prestasi murni juga kita pantau, terlepas nanti berapa hasil pemetaan internal cabor, sampaikan saja dulu ke KONI Tabanan, nanti kita bersama - sama menelaah lebih lanjut soal peluang persiapan selama 2 tahun menuju Porprov Bali," kata Nurbawa.

Menurut Nurbawa, langkah itu dilakukan mulai dari persiapan awal hingga program pembinaan semuanya berjalan simultan. Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk antisipasi adanya atlet mutasi. Disebutkan bukan alergi soal mutasi, tetapi kita berupaya untuk mengandalkan atlet murni binaan lokal.

ini juga untuk mencegah atlet mutasi keluar Tabanan, sehingga Pengkab Cabor juga sigap dengan situasi terkait kasak-kusuk mutasi menjelang Porprov Bali,kata Nurbawa.dek

Komentar