nusabali

Pohon Beringin Timpa Palinggih Pura Indrakila

  • www.nusabali.com-pohon-beringin-timpa-palinggih-pura-indrakila

BANGLI, NusaBali - Hujan deras disertai angin kencang kembali melanda Bangli hingga memicu sejumlah bencana. Seperti terjadi di Pura Indrakila di Desa Dausa, Kecamatan Kintamani, Bangli. Pohon beringin tumbang dan menimpa sejumlah palinggih di Pura Indrakila.

Camat Kintamani Ketut Erry Soena Putra mengatakan dahan pohon yang tumbang jenis beringin. Dahan pohon tumbang pertama kali terjadi pada 3 Juli 2023, bertepatan pada Purnama. Saat itu, satu palinggih yang terkena dampaknya. Kemudian pada Jumat (7/7) pagi, kembali dahan beringin tumbang.

"Satu dahan tumbang menimpa empat pelinggih. Sehingga ada 5 palinggih yang rusak," jelasnya.

Dahan pohon yang tumbang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun menyebabkan kerusakan pada palinggih Payogan, 2 meru, 1 palinggih Konco dan 1 palinggih Pangayengan. "Diperkirakan kerugian akibat bencana senilai Rp 700 juta," kata Ketut Erry.

Lanjutnya, untuk evakuasi akan dilakukan masyarakat dibantu tim BPBD. Namun sebelumnya akan dilakukan upacara terlebih dahulu. Untuk diketahui, Pura Indrakila diempon oleh 9 desa adat dalam 2 perbekelan yaitu Desa Dausa dan Desa Satra. Piodalan di Pura Indrakila jatuh pada purnama sasih kapat.7esa

Komentar