nusabali

Wujudkan Kesejahteraan Mental ASN, Bupati Sanjaya Launching Program SAKTI

  • www.nusabali.com-wujudkan-kesejahteraan-mental-asn-bupati-sanjaya-launching-program-sakti

TABANAN, NusaBali - Dalam lingkungan kerja yang seringkali penuh tekanan dan tuntutan, penting bagi Aparatur Sipil Negeri (ASN) memiliki dukungan yang memadai untuk mengatasi stres dan masalah pribadi.

Untuk itu, Pemkab Tabanan meluncurkan program Sanggar Konseling dan Motivasi Berbasis IT atau SAKTI yang merupakan inisiasi dari Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya.

Inovasi SAKTI tersebut dilaunching secara resmi oleh Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, pada Jumat (7/6) di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, ditandai dengan pembunyian Okokan. Turut mendampingi, Rai Wahyuni Sanjaya, Wakil Bupati, I Made Edi Wirawan, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga dan Sekda Kabupaten Tabanan I Gede Susila.

Peluncuran program bertujuan membantu mengelola emosi ini turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, para Asisten dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan. Hadir pula Kepala/Perwakilan Instansi Vertikal dan BUMD, para Camat dan staf masing-masing OPD, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sanjaya mengingatkan seluruh ASN di Kabupaten Tabanan agar selalu memiliki semangat bangga menjadi orang Tabanan.

"Kantor birokrasi kita, kita jadikan rumah kedua kita. Sering juga saya sampaikan, kalau ingin bekerja kita perlu semangat dan rasakan kita ini berada dimana. Kalau dikantor, jadikanlah kantor itu rumah kita. Walau tidak megah, mewah, besar, jadikan ruang kantor itu sebagai tempat yang mampu menimbulkan suasana yang baik," ujarnya.

Maka dari itu, Sanjaya berharap kepada seluruh ASN agar membangun suasana kerja yang baik, senyaman mungkin layaknya seperti di rumah sendiri, sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Kalau suka akuarium, taruh akuarium di kantor. Kalau suka taman, bikin taman-taman yang indah, bukan hanya di OPD, di rumah sakit, di Puskesmas, di sekolah-sekolah, dimanapun, sehingga kita datang ke kantor merasa kantor itu merupakan bagian dari rumah kita," pesannya.

Selain itu, Sanjaya juga menekankan agar mengolah mental dengan baik dan lebih produktif dalam bekerja melalui hubungan yang baik dan kerjasama yang baik antar rekan kerja maupun pimpinan.

"Ada kawan, ada teman kita dan pimpinan kita. Bangun lingkungan kita sebagai saudara, staf, bawahan itu adalah saudara kita. Jangan terlalu jauh baru jadi Kepala Dinas, Sekretaris, jadi Kabid, ataupun memegang jabatan, tidak pernah menyapa ataupun dengar saran bawahan. Jangan demikian," tegasnya.

Terlebih tegas dia dengan adanya program SAKTI ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan mental, produktivitas, dan semangat kerja ASN yang pada akhirnya berdampak positif pada pelayanan publik dan efektivitas organisasi. Yang mana dalam SAKTI menerapkan pendekatan berbasis IT yang menyediakan akses dan dukungan yang lebih luas bagi ASN.

Senada dengan Bupati, Rai Wahyuni Sanjaya menambahkan bahwa program ini lahir sebagai bentuk keprihatinannya dengan kondisi kerja ASN di Tabanan. Dengan pekerjaan yang begitu intens dan selalu dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas untuk masyarakat, sehingga sangat berdampak pada mental dan emosi masing-masing ASN dan mampu menimbulkan stres bagi para ASN.

Program SAKTI ini merupakan platform online dan nantinya menjadi aplikasi mobile yang dapat diakses ASN dalam mendapatkan materi konseling dan motivasi, menjadwalkan sesi konseling, atau berpartisipasi dalam kelompok dukungan. "Pendekatan ini dapat memperluas jangkauan layanan dan memungkinkan ASN untuk mendapatkan bantuan kapan saja," terang Rai Wahyuni. @des

Komentar