nusabali

Badung 'Dikepung' Bencana

Bencana Terjadi di 19 Titik dalam Sehari

  • www.nusabali.com-badung-dikepung-bencana

Masyarakat diimbau untuk siaga dan waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

MANGUPURA, NusaBali
Cuaca ekstrem hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Badung, Jumat (7/7) mengakibatkan sejumlah wilayah dilanda bencana. Hingga Jumat petang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung mencatat ada 19 bencana di berbagai wilayah di Gumi Keris dalam satu hari. Sebagian besar didominasi pohon tumbang, longsor, banjir dan bangunan jebol. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Bencana alam yang terjadi di Badung didominasi oleh pohon tumbang sebanyak 8 kejadian, antara lain pohon tumbang di Perum Giri Hill, Permata Raya Jimbaran, Kuta Selatan, pohon tumbang di jalan menuju SMPN 4 Petang, Banjar Senapan, Desa Carangsari, Petang, pohon tumbang di Pura Dalem Gede Desa Sibang Kaja, Abiansemal, pohon tumbang di Setra Desa Adat Pecatu, Kuta Selatan, pohon tumbang di Banjar Anggungan Desa Carangsari, Petang, dan pohon tumbang di Perbatasan Jembatan Gunung-Punggul, Desa Taman Abiansemal. Enam pohon tumbang ini menutupi akses jalan dan segera ditangani oleh tim BPBD, perangkat desa, dan masyarakat.

"Ada dua pohon tumbang yang menyebabkan kerusakan, yakni pohon tumbang di Banjar Dualang, Desa Sibanggede yang menimpa bangunan garase warga. Sedangkan satu lagi dahan beringin tumbang menimpa balai gong di Pura Taman Sari Banjar Tanggayuda, Desa Bongkasa," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung I Ketut Murdika.

Foto: Tembok bangunan warga roboh di Banjar Sayan Baleran, Desa Werdhi Bhuana. -IST

Selain pohon tumbang, bencana lainnya yang mengepung Badung yakni tanah longsor sebanyak 6 kejadian. Masing-masing terjadi di Banjar Bantas, Desa Sibang Gede, Abiansemal yang menimpa kabel PLN dan menutupi akses jalan, tanah longsor di Jalan Beng-Ayung Rafting, Banjar Beng, Desa Carangsari, Petang, di Banjar Karangenjung Bakti, Desa Sembung, Mengwi, di Jalan Puputan Jagaraga Banjar Beneh Kawan, Desa Blahkiuh, Abiansemal, dan di Desa Kuwum, Mengwi menutupi akses jalan. Sedangkan satu kejadian tanah longsor di Pura Pucak Sekar, Desa Sulangai, Petang yang menimpa bangunan Pura.

Sementara bangunan rusak yang diakibatkan hujan lebat sebanyak tiga kejadian yakni tembok penyengker jebol di Pura Subak Indrakila Banjar Penikit, Desa Belok Sidan, Petang, tembok bangunan warga roboh di Banjar Sayan Baleran, Desa Werdhi Bhuana, dan tembok roboh di Beji Taman Gili Dukuh, Desa Blahkiuh, Abiansemal. :Hujan juga menyebabkan banjir di sepanjang Jalan Abiansemal-Blahkiuh, Abiansemal di Pura Beji Puseh lan Desa, Banjar Sayan, Desa Werdhi Bhuana," kata Murdika.

Hingga Jumat malam kondisi hujan masih mengguyur Badung. Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk siaga dan waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini. "Untuk masyarakat kami imbau untuk tetap berhati-hati, mengingat hujan yang terjadi beberapa hari terakhir cukup deras," imbaunya. 7 ind

Komentar