nusabali

Rumah 283 KK Miskin Dapat Perbaikan

  • www.nusabali.com-rumah-283-kk-miskin-dapat-perbaikan

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 283 Kepala Keluarga (KK) miskin di Kabupaten Buleleng, bakal mendapat bantuan perbaikan atau rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Pemberian bantuan rehab rumah tersebut, sebagai program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem.

Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana mengatakan, ratusan KK tersebut sebelumnya telah diseleksi melalui verifikasi yang dilakukan ke lapangan. Sebelumnya, ada 349 KK yang masuk dalam usulan penerima rehab RTLH. Namun, dari jumlah tersebut hanya 283 KK yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem.

Lihadnyana menyebut, pemberian bantuan rehab rumah ini, bekerjasama dengan perusahaan swasta. Dimana perusahaan mengusulkan untuk memberikan bantuan mulai dari satu hingga 30 bantuan rehab.

"Awalnya dari hasil verifikasi di lapangan, terdapat 349 keluarga sasaran RTLH. Namun yang lolos verifikasi layak diberikan bantuan rehab rumah sebanyak 283 KK," ujarnya, Kamis (6/7).

Kata Lihadnyana, bantuan tersebut diberikan sebagai kepedulian Pemkab terhadap masyarakat miskin. Selain itu, percepatan penghapusan kemiskinan ini juga dituangkan dalam instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, sehingga, diharapkan selain pemerintah pihak lain juga bisa membantu dalam menuntaskan.

"Masyarakat yang berada pada kondisi rumah tidak layak huni perlu kita sesuaikan tempat tinggal mereka menjadi layak huni. Ini kami harapkan ada satu hasil di dalam membantu saudara kita yang kurang beruntung," kata dia.7mzk

Komentar