nusabali

Donatur Bantu Lansia dan Bekali Siswa

  • www.nusabali.com-donatur-bantu-lansia-dan-bekali-siswa

AMLAPURA, NusaBali - Relawan Komunitas Satu Hati Denpasar membantu warga lansia (lanjut usia) dan memberikan uang bekal sekolah untuk sejumlah siswa di Kecamatan Kubu, Karangasem.

Tercatat ada tujuh siswa, tiga lansia dan seorang balita penderita hydrocephalus, yang menerima bantuan. Penyerahan bantuan langsung ke rumah-rumah warga. Penyerahan bantuan berawal dari dua siswa SMP bersaudara I Kadek Gunarsa dan Ni Kadek Novita Lestari, di Banjar Batudawa Kelod, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem.

Kedua siswa itu, masing-masing menerima bantuan dana pendidikan Rp 250.000. Keduanya merupakan anak dari I Wayan Darma.

Dua siswa SMP bersaudara juga menerima bantuan, dari Komunitas Satu Hati, di bawah pimpinan I Kadek Sukamara di Desa Tulamben, kepada Ni Luh Mariani dan Ni Komang Pebri, masing-masing Rp 250.000. Bantuan lainnya kepada siswa kelas VI SD di Desa Ban, atas nama Ni Luh Juli Antiani, dan I Komang Endra siswa SMP juga menerima bantuan Rp 250.000.

Sedangkan, siswa kelas V SD di Desa Ban I Nengah Alin juga menerima Rp 250.000, di rumahnya Banjar Belong, Desa Ban, Kecamatan Kubu, satu lagi siswa atas nama I Komang Adi Gunadarma siswa kelas II SD di Banjar Pucang, Desa Ban, Kecamatan Kubu menerima bantuan Rp 250.000, sedangkan kakeknya Jro Mangku Bon menerima Rp 300.000.

Kapolsek Kubu AKP Ida Bagus Astawa mengatakan, para donatur menitipkan bantuan untuk siswa kurang mampu, di Polsek Kubu. "Kami yang antar dan serahkan bantuan itu dengan mendatangi rumah-rumah warga," jelasnya.

Bukan hanya siswa kurang mampu menerima bantuan, juga lansia Ni Wayan Kisel,70, di Banjar Panek, Desa Ban, Kecamatan Kubu menerima Rp 200.000. Sedangkan lansia lainnya Ni Luh Bawak, 75, di Banjar Bantas, Desa Baturinggit menerima bantuan Rp 200.000 dan Jro Mangku Bon di Banjar Pucang, Desa Ban, serta seorang balita menderita hydrocephalus I Gede Purusa menerima bantuan 200.000.

Polsek Kubu, kata AKP Ida Bagus Astawa, bekerja sama dengan relawan dalam hal menyalurkan bantuannya, agar tepat sasaran. Maka, petugas Bhabinkamtibmas se-Kecamatan Kubu yang terlebih dahulu menyurvei dan merekomendasi nama warga yang layak dapat bantuan. Selanjutnya, anggota Bhabinkamtibmas itu juga yang menyerahkan di tempat berbeda setelah sebelumnya melakukan survei, menyasar warga yang berhak menerima bantuan. "Jadi, bantuan yang kami salurkan tepat sasaran, kepada warga yang benar-benar kurang mampu," tambahnya.

Walaupun bantuannya hanya sekitar Rp 200.000 hingga Rp 250.000, jelas AKP Ida Bagus Astawa, tetapi bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, sangat berharga untuk bekal sekolah.7k16

Komentar