nusabali

Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Bali Jalani Tes Tertulis

Tes Molor karena Tim KPU RI Kesulitan Pesawat ke Bali

  • www.nusabali.com-calon-anggota-kpu-kabupatenkota-se-bali-jalani-tes-tertulis

DENPASAR, NusaBali.com - Kandidat anggota KPU kabupaten/kota se-Bali menjalani tes tertulis yang dipusatkan di ITB STIKOM Bali, Denpasar, pada Kamis (6/7/2023) siang.

Dari 9 kabupaten/kota di Bali, hanya Klungkung yang tidak menjalani tes karena periode masa jabatan KPU Klungkung 2019-2024, sedangkan 8 kabupaten/kota berakhir di tahun 2023 ini.

Adapun peserta seleksi kali ini berasal dari dua kategori kawasan yakni Wilayah Bali 1 dan Wilayah Bali 2. Untuk Wilayah Bali 1 terdiri dari Kabupaten Badung, Tabanan, Buleleng, dan Jembrana. Sementara Wilayah Bali 2 tersusun dari Kabupaten Gianyar, Bangli, Karangasem, dan Kota Denpasar.

Berdasarkan pantauan di lokasi tes tertulis pada Kamis pagi, sejatinya kegiatan dimulai pada pukul 08.00 Wita. Akan tetapi, KPU Provinsi Bali menerima kabar bahwa tim teknis KPU RI yang membawa bank soal digital tidak mendapat pesawat di H-1 kegiatan. Oleh karena itu, keberangkatan dilakukan di hari H sehingga tes tertulis tertunda hingga pukul 14.21 Wita.

Tes tertulis berbasis CAT ini bakal dilanjutkan dengan tes psikologi selama dua hari yakni 7-8 Juli 2023. Tes psikologi ini bakal ditangani oleh institusi yang ditunjuk KPU RI yakni RSAD Denpasar. "Sama seperti tes psikologi Anggota KPU Bali beberapa waktu lalu," kata Ketua Timsel Wilayah Bali 2 I Ketut Jaya.

Untuk diketahui, tahap seleksi Anggota KPU dari 8 Kabupaten/Kota ini sudah dimulai sejak Selasa (13/6/2023) lalu melalui tahapan pengumuman pendaftaran sekaligus menerima pendaftar. Timsel akan bertugas sampai dihasilkan 10 besar calon yang nantinya akan menjalani fit and proper test dari KPU Bali. *rat

Komentar