nusabali

Tabanan Miliki 481 Titik Wifi Gratis

  • www.nusabali.com-tabanan-miliki-481-titik-wifi-gratis

TABANAN, NusaBali - Bantuan tambahan wifi gratis dari Pemerintah Provinsi Bali melalui anggaran BKK (Bantuan Keuangan Khusus) ke Kabupaten Tabanan sudah bisa dinikmati.

Sebanyak 88 titik wifi tersebut telah dipasang di berbagai lokasi, mulai pasar umum, pura, dan objek wisata.

Total wifi gratis bantuan Provinsi Bali ke Tabanan sudah 481 titik. Keberadaan wifi ini juga mendukung program e-ticketing objek pariwisata.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo Tabanan I Putu Dian Setiawan mengatakan wifi bantuan Provinsi Bali sudah bisa digunakan. Termasuk penambahan bandwith dari 20 mpbs ke 30 mbps sudah dilakukan.

"Sudah on semua tinggal dilakukan monev untuk pengawasan. Monev ada dua langkah yakni langsung dilihat fisiknya setahun sekali dan satu lagi secara dashboard terpantau dari kantor," jelasnya, Selasa (4/7).

Untuk itu dia mengimbau kepada masyarakat ataupun pengelola hingga prajuru di tempat yang dipasang wifi segera melapor bila adanya kendala. "Kalau misalnya wifi terputus akibat adanya bencana alam atau lainnya segera melapor petugas dan Diskominfo selalu siaga," kata Dian Setiawan.

Menurutnya selama ini untuk lancarnya penggunaan jaringan Diskominfo juga melakukan pengawasan secara langsung. Serta turut memberikan imbauan untuk menjaga dan merawat secara bersama-sama. "Sebagian desa adat mereka membeli CCTV untuk pengawasan di lokasi dengan memanfaatkan konek wifi tersebut untuk mencegah adanya wifi dirusak," tegasnya.

Sementara itu, ditambahkan Kepala Bidang Layanan e-Government I Gede Wayan Siswantara, dari sisi jaringan ada dashboard layanan yang digunakan untuk memantau 481 titik wifi program BSI tersebut. "Jadi terpantau jika ada yang mati, termasuk tiap tahun kami lakukan monitoring. Kita hanya menyiapkan sewa internet, kordinasi dengan pengguna dan pengguna menyiapkan listrik serta keamanan, agar aman tidak ada gangguan. Kadang listrik mati karena pulsa habis sehingga wifi mati," terangnya. 7des

Komentar