nusabali

Pipa Pecah, Suplai Air Terganggu

  • www.nusabali.com-pipa-pecah-suplai-air-terganggu

MANGUPURA, NusaBali - Pipa air milik Perumda Air Minum (Perumdam) Tirta Mangutama Kabupaten Badung di Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal pecah pada Sabtu (1/7) lalu.

Akibatnya warga di wilayah, Sempidi, Kwanji, Dalung, Kerobokan, Muding, Petitenget, Legian, Seminyak, dan sekitarnya kesulitan mendapatkan air bersih. Perbaikan baru bisa rampung pada Senin (3/7) kemarin.

Pecahnya pipa ini dibenarkan oleh Direktur Teknik Perumda Tirta Mangutama I Made Suara. Akibatnya suplai air terpaksa dihentikan sementara karena pipa yang pecah tersebut merupakan pipa distribusi utama.

"Pipa distribusi utama di Darmasaba ukuran 14 inci itu pecah Sabtu. Karena itu kita off semua jaringan transmisi, itu jalur (pipa) yang utama," ujar Suarsa, Senin (3/7).

Mengenai penyebab terjadinya kebocoran pipa tersebut, pihaknya belum mengetahui secara pasti. Namun yang jelas pipa itu sudah berumur. "Kami tidak tahu secara pasti, tekanan air juga tidak tinggi dan tidak ada kaitannya dengan terjadinya hujan. Tapi di jalur itu sudah ada tiga kali pipa pecah," katanya.

Suarsa menegaskan, pasca pecahnya pipa di Darmasaba, pihaknya langsung menerjunkan tim untuk perbaikan. "Kita langsung lakukan penggalian dan perbaikan, walaupun dalam kondisi hujan sambil menyiapkan peralatan yang dibutuhkan," jelasnya.

Dia memastikan pasokan air bersih akan kembali dialirkan setelah perbaikan selesai. "Pukul 14.00 Wita (kemarin) sudah selesai dan langsung pengaliran. Termasuk tim langsung melakukan flushing di beberapa tempat supaya air kotor sehabis perbaikan tidak masuk ke rumah warga," kata Suarsa. 7 ind

Komentar