nusabali

Asyiknya Yoga di Atas Papan Seluncur

Untuk Ketenangan Pikiran, Tapi Lebih Menantang

  • www.nusabali.com-asyiknya-yoga-di-atas-papan-seluncur

MANGUPURA, NusaBali - Olahraga yoga masih menjadi salah satu olahraga yang populer di kalangan masyarakat. Tak hanya dilakukan di darat, kini olahraga yoga bervariasi bisa dilakukan di mana saja.

Salah satunya Stand Up Paddle Yoga atau SUP Yoga yang dilakukan di atas papan seluncur. Aksi yoga di atas papan seluncur ini seperti terlihat di Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Minggu (2/7) sore.

Ketua Bali Stand Up Paddle (SUP) Community, Arie Sapta Supriatna mengatakan Stand Up Paddle yoga merupakan kombinasi olahraga yoga dengan olahraga air SUP. Biasanya juga yoga dilakukan di daratan yang rata, namun jika SUP yoga dilakukan di atas air.

“Jadi SUP yoga itu kegiatan yoga yang dipadu dengan kegiatan di air, jadi yoga di atas papan seluncur,” terang Arie saat ditemui di Pantai Pandawa, Minggu sore. Lebih lanjut dia menjelaskan, selain di pantai, biasanya penggiat SUP yoga melakukannya di atas permukaan air yang tenang, seperi di danau, bendungan, dan sungai. 

Arie juga menerangkan, melakukan olahraga yoga di atas laut dengan yoga di daratan memiliki perbedaan. Namun, dari segi gerakan, yoga di atas laut dengan yoga di daratan tidak ada perbedaan. Hanya saja, tidak ada lantunan musik yang mengiringi gerakan yoga, hanya mengikuti setiap gerakan dari instruktur yoga.

Foto: Ketua Bali Stand Up Paddle (SUP) Community, Arie Sapta Supriatna saat ditemui di Pantai Pandawa, Badung, Bali pada Minggu (2/7/2023) sore. -RIKHA SETYA

“Bedanya di darat itu lebih tenang, tidak ada tantangan. Kalau di air, kami harus tenang dan harus menyeimbangkan badan. Jadi lebih ada tantangannya. Namun, tetap ada gerakan gemulai yang ada di darat kami aplikasikan ke yoga di atas air,” jelasnya. Sama halnya dengan manfaat yoga pada umumnya, kata Arie SUP yoga pun memiliki manfaat untuk menyehatkan badan, terutama untuk ketenangan pikiran. Sebab, kata dia selain para peserta berkonsentrasi, yoga di atas air membuat peserta lebih rileks karena sembari mendengarkan air yang menenangkan.

Menurutnya, semua kalangan bisa melakukan olahraga SUP yoga, bahkan bisa untuk anak-anak dari umur 5 hingga 10 tahun. Arie juga menjelaskan, satu sesi SUP yoga biasanya berdurasi 45 menit dengan maksimal enam orang di setiap satu grup. “Untuk pemula, tidak harus bisa berenang, yang tidak bisa berenang pun bisa. Karena kami juga tetap pakai pelampung untuk yang pemula,” tambahnya.

Sementara, ditanya soal olahraga SUP yoga, ia menjelaskan olahraga tersebut sudah ada sejak 10 tahun yang lalu. Namun, beber dia di Indonesia olahraga ini baru berkembang sejak 5 tahun terakhir. Bahkan di Bali pun masyarakat masih awam akan kehadiran olahraga yoga di atas air ini. Sehingga ia berharap, olahraga ini dapat di kenal oleh masyarakat luas.

“Semoga olahraga ini semakin di kenal. Karena cabang olahraga ini sudah masuk di Pekan Olahraga Nasional (PON), saya harap warga Bali bisa menggeluti olahraga ini agar bisa menjadi seorang atlet,” harapnya. 7 ol3

Komentar