nusabali

Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Mahasaraswati Denpasar : Meningkatkan Kreativitas SDM Panti Asuhan Salam dalam Merancang Poster dan Gambar Visual

  • www.nusabali.com-pengabdian-kepada-masyarakat-prodi-manajemen-universitas-mahasaraswati-denpasar-meningkatkan-kreativitas-sdm-panti-asuhan-salam-dalam-merancang-poster-dan-gambar-visual

DENPASAR, NusaBali.com - Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh tenaga pendidik di suatu perguruan tinggi. Ketiga kegiatan yang tak bisa terpisahkan tersebut meliputi pengajaran, penelitian ilmiah, dan pengabdian masyarakat.

Sebagai dosen, dalam menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bukan hanya melakukan pengajaran dan penelitian saja, melainkan Pengabdian Kepada Masyarakat juga perlu dilakukan. 

Selayaknya,  sebagian ilmu yang para dosen miliki, tidak hanya dibagikan kepada para mahasiswa saja, tapi juga untuk masyarakat sekitar.

Dosen Universitas Mahasaraswati Denpasar Prodi Manajemen menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan judul “Pelatihan Kreativitas Dengan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster Pada Panti Asuhan Salam” yang dilaksanakan di Panti Asuhan Salam pada Sabtu (18/6/2023) pukul 09.00-13.00 WITA. 

Kegiatan ini melibatkan sebanyak 12 anak panti dan didampingi oleh 4 dosen dan 3 mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar, yakni Ketua Kelompok Pengabdian Masyarakat Dr Ni Made Dwi Puspitawati SE MM dibantu tiga anggotanya, Ni Made Indah Mentari SE MM, I Dewa Made Arik Permana Putra SE MM dan Tiara Carina SPsi MM, serta tiga mahasiswa yaitu, Kadek Erika Wahyuni, Noviana Dewi Setianingrum dan Pande Made Nata Wijaya.

Acara dimulai dengan persiapan dan sambutan pembukaan yang disampaikan oleh pengurus panti. Dalam sambutannya, Gusti Ketut Suardana selaku Kepala Panti  mengucapkan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar karena telah memberikan pelatihan dan edukasi yang bermanfaat bagi anak-anak panti dan berharap ilmu yang disampaikan oleh mereka bisa membawa manfaat bagi anak-anak panti asuhan.


"Kegiatan ini bertujuan agar anak-anak panti bisa menambah wawasan pengetahuan untuk mengenal bagian-bagian di dalam menggunakan Canva sebagai sarana media desain komunikasi," kata  Dr Ni Made Dwi Puspitawati.

Materi yang disampaikan meliputi pengenalan Canva, fitur dasar Canva, serta cara membuat poster mengenai edukasi lingkungan yang lebih menarik guna meningkatkan kreativitas anak asuh. 

Penyampaian materi dan pendampingan dilakukan oleh 4 orang pembimbing dengan menggunakan smartphone masing masing anak. 

Untuk memastikan pemahaman peserta atas materi yang disampaikan, moderator memberikan pertanyaan dan kuis. Semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik. 

Sebagai apresiasi atas jawaban peserta, tim memberikan cenderamata bagi peserta tersebut. Ketertarikan peserta pada materi pengenalan Canva ini patut diapresiasi. Mereka menunjukkan perhatian pada materi yang disampaikan oleh tutor.

Laporan Kadek Erika Wahyuni, mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Komentar