nusabali

DPC Demokrat Karangasem Tanggung Biaya Saksi Rp 1,67 M

  • www.nusabali.com-dpc-demokrat-karangasem-tanggung-biaya-saksi-rp-167-m

AMLAPURA, NusaBali - DPC Demokrat Karangasem akan menanggung biaya saksi di 1.677 tempat pemungutan suara (TPS). Jika tiap TPS ada dua kader Demokrat yang menjadi saksi, dengan honor Rp 500.000 per orang, maka total anggaran untuk saksi Demokrat di Karangasem sebesar Rp 1,677 miliar.

“Saya sendiri dari DPC Demokrat keluarkan biaya saksi. Kan tujuannya untuk merebut enam kursi, satu kursi tiap daerah pemilihan (dapil),” kata Ketua DPC Demokrat Karangasem I Komang Wirawan, di Amlapura, Minggu (2/7).

Sebab, lanjut Komang Wirawan yang juga anggota DPRD Bali, DPC Demokrat Karangasem telah mandiri, mampu membiayai diri sendiri. “Saya rasa tidak masalah, DPC Demokrat menanggung biaya seluruh saksi. Sehingga bacaleg yang ada lebih fokus untuk merebut kursi DPRD Karangasem,” tambah politisi dari Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, ini.

Komang Wirawan menambahkan, Demokrat di DPRD Karangasem sementara memiliki dua wakil, I Wayan Suparta dari Daerah Pemilihan Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Sidemen, dan I Gede Agung Puspada dari Daerah Pemilihan Kecamatan Manggis. Target Demokrat di Pemilu 2024 adalah menambah 4 kursi menjadi 6 kursi di DPRD, yang mewakili enam dapil di Karangasem. 

“Wajar saja pasang target sebanyak itu, sehingga Demokrat Karangasem kembali memiliki fraksi di DPRD Karangasem,” tandas Komang Wirawan.

Syarat minimal memiliki fraksi wajib mengantongi minimal 5 kursi, dari 45 kursi di DPRD Karangasem. Sesuai catatan sejarah keikutsertaan Demokrat Karangasem di Pemilu Legislatif sejak 2004, awalnya merebut 2 kursi, kemudian naik 100 persen di Pemilu Legislatif 2009 jadi 4 kursi, Pemilu Legislatif 2014 sebanyak 5 kursi, dan Pemilu Legislatif 2019 sebanyak 2 kursi.

Puncak prestasi Demokrat Karangasem adalah di Pemilu Legislatif 2014, meraih 5 kursi, melalui, I Ketut Kerta dari Dapil Kecamatan Bebandem, I Gede Agung Puspada dari Dapil Kecamatan Manggis, I Wayan Madeg Mariarta dari Dapil Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Sidemen, I Nyoman Karya Kartika dari Dapil Kecamatan Kubu, dan I Gede Pasek Bendesa Mulyawan dari Dapil Kecamatan Abang.

“Itu artinya bukan merupakan hal yang mustahil kalau Demokrat Karangasem pasang target enam kursi, sebab di Pemilu Legislatif 2014 sempat meraih 5 kursi, tinggal menambah satu kursi lagi,” ucap Komang Wirawan.

Target rekrut saksi tuntas akhir Juli 2023, dan Agustus 2023 telah terbit SK untuk saksi yang bertugas di tiap TPS. “Pembekalan saksi juga akan saya biayai,” imbuhnya.

“Secara teknis Demokrat Karangasem siap mengikuti Pemilu Legislatif 2024. Apalagi kami telah merekrut caleg potensial,” kata Komang Wirawan, yang sebelumnya jadi anggota DPRD Karangasem dari PNI Marhaenisme. 7 k16

Komentar