nusabali

Mantan Kabareskrim Susno Duadji Nyaleg DPR RI

  • www.nusabali.com-mantan-kabareskrim-susno-duadji-nyaleg-dpr-ri

PALEMBANG, NusaBali - Mantan Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji menyatakan maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apa alasannya terjun ke politik? Susno mengungkap alasannya maju sebagai bacaleg karena ini menegakkan keadilan bagi semua orang.

"Ya (alasan) saya ingin ada keadilan tegak di republik ini, kemudian hukum itu jangan dijadikan alat politik, hukum jangan digunakan untuk membunuh karakter seseorang, dan jangan digunakan untuk merekayasa seseorang, karena direkayasa itu tidak enak, saya sudah merasakan itu, tidak enak," katanya saat dihubungi detikSumbagsel, Jumat (30/6/2023).

Susno mengaku baru pertama kali mencalonkan diri sebagai caleg. Daerah pemilihannya yakni Sumsel II dengan 11 kabupaten/kota yakni OKU Selatan, OKU, OKU Timur, OKI, OI, Prabumulih, Muara Enim, PALI, Lahat, Pagaralam, dan Empat Lawang. "Ya saya baru pertama calon, untuk tahapannya sampai mana saya kurang tahu, tapi sudah daftar melalui online," kata Susno yang pernah menjabat Kapolda Jawa Barat.

Susno juga mengungkapkan alasan dirinya bergabung dengan PKB. Dia mengatakan karena keluarganya merupakan warga Nahdlatul Ulama (NU). "Orang tua dan keluarga saya warga Nahdlatul Ulama (NU). Karena PKB itu partainya NU," ujarnya.

Kata dia, PKB adalah satu-satunya partai yang dibentuk oleh ormas Islam, dan terbesar di Indonesia adalah PKB. "Jadi waktu tahun 1998 Gus Dur membuat surat dan memerintahkan tim 5. Ketuanya Kia Haji Ma'ruf Amin diperintahkan untuk membuat partai Kaum Nahdliyin maka lahirlah PKB, maka lambang PKB dan NU sama," jelasnya.n7

Komentar