nusabali

Perayaan HUT Ke-45 Sanggar Teater Mini

Putri Koster: Sanggar Teater Tempat Asah Bakat dan Kedisiplinan

  • www.nusabali.com-perayaan-hut-ke-45-sanggar-teater-mini

DENPASAR, NusaBali - Masuk sanggar teater bukan saja dapat mengasah bakat acting, namun juga melatih kedisplinan. Hal itu yang dirasakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Nyonya Putri Suastini Koster.

Istri Gubernur Bali Wayan Koster pernah merasakan gemblengan Sanggar Teater Mini pada 1978, saat sanggar tersebut mulai berdiri. Dia menyebut teater juga membekalinya dengan kemampuan public speaking, hingga dia tidak kesulitan berbicara di atas panggung seperti saat ini.

"Banyak hal yang diperoleh dari teater, salah satunya adalah mengasah kemampuan diri dan disiplin diri dalam latihan. Sehingga apa yang diperoleh saat menjadi anggota aktif teater dapat diterapkan dalam sehari-hari, terlebih jika berbicara di hadapan publik," ungkap Ny Putri Koster saat perayaan ulang tahun ke-45 Sanggar Teater Mini di halaman belakang Gedung Jayasabha, di Denpasar, Kamis (29/6).

Untuk itu seniman yang akrab disapa Bunda Putri, ini menyampaikan terima kasih kepada Sanggar Teater Mini yang telah memberi pendidikan yang bermanfaat di masa mudanya. Bunda Putri berharap dengan usia yang sudah mencapai 45 tahun Sanggar Teater Mini semakin mampu melatih generasi muda menjadi penerus dalam dunia teater.

 

Ketua Sanggar Teater Mini Ida Bagus Purwasila, mengatakan sejalan tema hari jadi ke-45, berteater itu seakan-akan kita mencari intisari kehidupan ke dasar samudra sebagai energi membangun peradaban.

"Diharapkan Sanggar Teater Mini tetap eksis dan menghasilkan karya-karya serta talenta-talenta yang berkualitas bagi kemajuan teater di Bali," tuturnya.

Pendiri teater Ida Bagus Anom Ranuara menambahkan eksistensi Sanggar Teater Mini tak terlepas dari keberadaan media televisi nasional, penggarap naskah, dan pemain teater. Hal tersebut juga membuat Anom Ranuara dan Sanggar Teater Mini bercita-cita untuk membuat film-film layar lebar di masa mendatang. 7 cr78

Komentar