nusabali

Ayah TNI, Ibu Mantan Anggota DPRD Tabanan

Kapolda Baru Brigjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra

  • www.nusabali.com-ayah-tni-ibu-mantan-anggota-dprd-tabanan

TABANAN, NusaBali - Kapolda Bali pengganti Irjen Pol Putu Danan Jaya, yakni Brigjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra adalah putra asal Tabanan. Dia beralamat di Banjar Malmundeh, Desa Pandak Bandung, Kecamatan Kediri, Tabanan.

Beredarnya kabar Brigjen Putra Narendra bakal menjabat Kapolda Bali sudah tersiar di tempat tinggalnya. Rata-rata masyarakat telah mengetahui lewat media sosial. Seluruh masyarakat di lingkungan pun bangga karena putra Bali menjabat Kapolda Bali. Sebab dinilai akan bisa mengharumkan nama Desa Pandak Bandung.

Pantauan, Senin (26/6) sore rumahnya Brigjen Putra Narendra tampak sepi. Seluruh keluarganya diketahui tinggal di Jakarta. Di rumahnya tersebut hanya ada tetangga yang setiap hari bertugas bersih-bersih. Selain di Jakarta, adik dari Brigjen Putra Narendra juga diketahui lebih banyak tinggal di Denpasar. Sehingga keseharian rumahnya di Banjar Malmundeh sering kosong dan diurus tetangga.

Ayah dari Brigjen Putra Narendra adalah Ida Bagus Putu Badra (alm) adalah seorang anggota TNI yang sempat bertugas di Koramil Kediri. Sementara sang ibu Ida Ayu Nyoman Latri sempat menjabat anggota DPRD Tabanan periode 1982-1987. Disebutkan aslinya Brigjen Putra Narendra ini memang dari Tabanan karena kakeknya berasal dari Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan, namun juga memiliki rumah di Jembrana dan sekarang sudah mebanjar suka duka di Banjar Malmundeh, Desa Pandak Bandung, Kecamatan Kediri.

Kelian Dinas Banjar Malmundeh, I Made Sumerta mengatakan meskipun Brigjen Putra Narendra bertugas di Jakarta, setiap bulannya sering pulang ke Tabanan. Apalagi jika ada upacara selalu menyempatkan diri untuk ikut berbaur dengan masyarakat. "Selama ini beliau loyal, sering mepunia," katanya.

Diakuinya sebagai kepala lingkungan cukup terkejut dengan informasi Brigjen Putra Narendra menjabat Kapolda Bali. Namun di satu sisi berbangga karena salah satu warganya mendapat kepercayaan mengemban tugas di Bali. Dia berharap dengan jabatan baru tersebut bisa mengemban tugas dengan baik terutama bisa menekan kriminalitas di Bali. "Mudah-mudahan Bali menjadi aman," harapnya.

Sumerta menuturkan Brigjen Putra Narendra ini memiliki dua orang putra. Dia juga bersaudara 4 orang. Brigjen Putra Narendra sendiri adalah anak kedua. Seingatnya sesuai dengan informasi tetua di banjarnya bahwa Brigjen Putra Narendra sudah lama tinggal di Pandak Bandung. Selain karena memang ibunya berasal dari Desa Tajen, Kecamatan Penebel dan ayahnya adalah anggota TNI yang sempat bertugas di Koramil Kediri. "Beliau punya anak dua, laki-laki, yang paling besar sudah menjadi polisi dan yang nomor dua masih kuliah," tambahnya.

Sementara itu mantan Perbekel Pandak Bandung, I Wayan Djigeh menuturkan sosok Brigjen Putra Narendra ketika ada upacara agama jika sempat hadir dipastikan berbaur dengan masyarakat. "Beliau loyal termasuk ibunya yang sempat menjadi anggota DPRD Tabanan sangat luar biasa di masyarakat," kenangnya.

Dia pun menambahkan Brigjen Putra Narendra ini memang dari remaja sudah tinggal di Desa Pandak Bandung. Terakhir pulang ke Tabanan tanggal 21 Juni 2023 lalu termasuk saat perayaan Nyepi Brigjen Putra Narendra merayakan di Tabanan. "Istri beliau orang Solo dan seluruh keluarga memang sering menetap di Jakarta," tambahnya. 7 des

Komentar