nusabali

Lomba Pramuka Penggalang V Nasional 2023, SMPN 2 Kubu Sabet 6 Emas

  • www.nusabali.com-lomba-pramuka-penggalang-v-nasional-2023-smpn-2-kubu-sabet-6-emas
  • www.nusabali.com-lomba-pramuka-penggalang-v-nasional-2023-smpn-2-kubu-sabet-6-emas

AMLAPURA, NusaBali - Kontingen SMPN 2 Kubu, Kecamatan Kubu, Karangasem, menciptakan kejutan. Siswa sekolah ini  menyabet enam medali emas dalam Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang V Nasional 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, 17 - 23 Juni 2023.

Prestasi itu melampaui target. Keikutsertaan ini pertama kali dari Karangasem dengan memboyong prestasi tersebut. Ketua Pusdiklatcab (Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang) Gerakan Pramuka Karangasem Made Agung Ariyasa memaparkan itu, di Amlapura, Senin (26/6).

Jelasnya, kontingen SMPN 2 Kubu sebagai wakil Bali, setelah sebelumnya menyabet 21 medali emas di LT (Lomba Tingkat) IV Kwarda (Kwartir Daerah) Gerakan Pramuka Bali 2023, Tingkat Penggalang di Bumi Perkemahan Pramuka I Gusti Ngurah Rai Margarana Tabanan, 30 Maret - 2 April 2023.

Made Agung Ariyasa memaparkan, enam medali emas itu berasal dari regu putra dua emas, regu putri empat emas, termasuk satu nomor putri regional. Dua medali emas dari Regu Elang putra di bawah koordinasi I Nengah Sastra Wiguna, juara E-sport dan menaksir. Sedangkan empat emas dari Regu Dahlia putri, di bawah koordinasi Ni Kadek Jaumi, nomor panjat dinding, reportase, senam Pramuka, dan regional regu berprestasi tinggi.

Regu putra sebagai juara III di nomor halang rintang, dan regu putri, juga sebagai juara II halang rintang, juara II robotik dan juara II tingkat nasional regu berprestasi baik.

"Prestasi ini melampaui target, sungguh di luar dugaan. Ini sebuah kejutan, mampu mengalahkan peserta dari Jawa," jelas Made Agung Ariyasa.

Khusus untuk nomor regional mewilayahi, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Bertindak sebagai pimpinan kontingen I Putu Mardana, pendamping I Wayan Regeg, dan Ni Luh Taurusini.

Lanjut Made Agung Ariyasa, awalnya target tingkat nasional masuk 10 besar, kenyataannya regu putri masuk peringkat kedua, dan regu putra masuk peringkat 9.  Sedangkan nomor regional, target 5 besar, untuk putri di peringkat I dan putra peringkat 4.

"Sebenarnya dari beberapa tahun terakhir, Kwarda Bali, belum mampu masuk 10 besar di setiap LT-V terlaksana, kali ini benar-benar anak-anak membuat kejutan, secara kontingen masuk peringkat kedua" tambah Kasek SMKN 2 Kubu ini.

Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) yang juga Kasek SMPN 2 Kubu I Nyoman Sanjaya Adi Putra mengapresiasi prestasi anak didiknya mampu menjadi yang terbaik di tingkat nasional, dari 17 nomor lomba mampu menjadi yang terbaik di 6 nomor. "Memang persiapan cukup lama sejak menjadi juara di LT (Lomba Tingkat) IV Kwarda (Kwartir Daerah) Gerakan Pramuka Bali 2023, Tingkat Penggalang di Bumi Perkemahan Pramuka I Gusti Ngurah Rai, Margarana, Tabanan," jelasnya. 7 k16

Komentar